KETAHANAN PANGAN DI PULAU KODINGARENG: STRATEGI DIVERSIFIKASI MAKANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP POLA KONSUMSI MASYARAKAT = FOOD SAFETY ON KODINGARENG ISLAND: FOOD DIVERSIFICATION STRATEGY AND THEIR EFFECT ON COMMUNITY CONSUMPTION PATTERN


Wardana, Ardi (2024) KETAHANAN PANGAN DI PULAU KODINGARENG: STRATEGI DIVERSIFIKASI MAKANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP POLA KONSUMSI MASYARAKAT = FOOD SAFETY ON KODINGARENG ISLAND: FOOD DIVERSIFICATION STRATEGY AND THEIR EFFECT ON COMMUNITY CONSUMPTION PATTERN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071201031_skripsi_12-07-2024 cover1.png

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071201031_skripsi_12-07-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071201031_skripsi_12-07-2024 dp.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071201031_skripsi_12-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pulau Kodingareng, dengan aksebilitas terbatas menghadapi tantangan dalam ketahanan pangan. Ketergantungan pada perikanan menekankan pentingnya diversifikasi pangan. Faktor sosial-ekonomi memengaruhi kebiasaan konsumsi makanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kategorisasi pangan, strategi diversifikasi pangan serta pengaruhnya terhadap pola konsumsi masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan yakni desktiptif kualitatif yakni dengan memberikan gambaran secara objektif terakit bagaimana keadaan sebenarnya objek yang diteliti dengan pendekatan studi kasus. Adapun informan dengan jumlah informan sebanyak 4 orang ibu rumah tangga nelayan Punggawa-Sawi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan untuk menguji dan memvalidasi data, peneliti menguji kredibilitasnya dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ibu rumah tangga Punggawa-Sawi cenderung mencari kebutuhan pangan dari luar Pulau Kodingareng, ketergantungan pada hasil tangkapan nelayan lokal tetap signifikan, tradisi dan ketergantungan pada sumber daya lokal tetap menjadi pilihan prioritas. Dengan pemahaman akan keberagaman pengolahan dan pemanfaatan sumber pangan hasil tangkapan nelayan, telah menciptakan solusi cerdas dengan memanfaatkan dan pengolahan berbagai jenis makanan berbasis hasil tangkapan nelayan. Diversifikasi Makanan yang dilakukan menciptakan kebiasaan makan. Upaya diversifikasi menciptakan hubungan sosial yang kuat di antara mereka. Selain itu, berperan penting dalam stabilisasi ekonomi dengan memperluas sumber penghasilan dan mengurangi ketergantungan pada satu jenis produk saja. Sehingga dapat menjaga stabilitas ketahanan pangan di Pulau Kodingareng.

Keywords : Pulau Kodingareng, Diversifikasi Makanan, Ibu rumah tangga nelayan Punggawa-Sawi, Ketahanan Pangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kodingareng Island, Food Diversification, Punggawa-Sawi Fishery Housewife, Food Security.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:23
Last Modified: 12 Aug 2024 06:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35613

Actions (login required)

View Item
View Item