TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PENEGAKAN HUKUM PELANGGARAN LALU LINTAS YANG DI PANTAU MELALUI CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) DI KOTA MAKASSAR = LEGAL SOCIOLOGY REVIEW OF LAW ENFORCEMENT OF TRAFFIC VIOLATIONS MONITORED THROUGH CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) IN MAKASSAR CITY


Shiddiq, Marwan (2024) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PENEGAKAN HUKUM PELANGGARAN LALU LINTAS YANG DI PANTAU MELALUI CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) DI KOTA MAKASSAR = LEGAL SOCIOLOGY REVIEW OF LAW ENFORCEMENT OF TRAFFIC VIOLATIONS MONITORED THROUGH CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) IN MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171401_skripsi_11-06-2024 cover1.png

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171401_skripsi_11-06-2024 1-2.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171401_skripsi_11-06-2024 dp.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171401_skripsi_11-06-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Marwan Shiddiq (B011171401) “Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Penegakan Hukum Pelanggaran Lalu Lintas Yang Di Pantau Melalui CCTV di Kota Makassar”. Dibawah bimbingan Hasbir Paserangi sebagai Pembimbing Utama dan Rastiawaty Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penegakan hukum pelanggaran lalu lintas yang di pantau melalui CCTV di Kota Makassar dan faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi penegakan hukum pelanggaran lalu lintas yangdi pantau melalui CCTV di Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian teknik pengumpulan data berdasarkan metode penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan dengan melakukan observasi maupun pengambilan data langsung melalui wawancara dengan masyarakat, dan Aparat Penegak Lalu Lintas.
Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu: (1) Belum efektif dalam menanggulangi pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan raya karena kamera perangkat ETLE hanya dapat mendeteksi jenis-jenis pelanggaran tertentu di jalan raya dan tidak dapat menjangkau jenis-jenis pelanggaran dan juga masih kurangnya CCTV E-Tilang yang di pasang di Kota Makassar sehingga masih banyak pelanggar lalu lintas yang tidak tertangkap oleh kamera, dan juga kamera yang di pasang di Kota Makassar tidak pada area traffic light sehingga masih banyak masyarakat yang menerobos lampu merah tidak tertangkap oleh kamera CCTV. (2) Faktor penghambat dari penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Makassar ada beberapa, Faktor Penegak Hukum Jika terjadi kesalahan penginputan misalanya pada identitas pelanggar tentu sulit untuk melacak keberadaan pelanggar, Faktor Sarana dan Prasarana yang digunakan CCTV dapat mengalami offline secara tiba-tiba akibatkan jaringan yang belum kondusif, dan faktor Alam dimana kondisi cuaca hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan kamera tidak dapat mendeteksi kendaraan yang melakukan pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

Kata Kunci : Tilang Elektronik;Pelanggaran Lalu Lintas; CCTV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Electronic Ticketing; Traffic Violations; CCTV.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:34
Last Modified: 01 Aug 2024 06:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35540

Actions (login required)

View Item
View Item