Telaah Perubahan Strategi Penghidupan Petani Sekitar Hutan dalam Menanggapi Krisis di Desa Ranga, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang = Investigating the Changing Livelihood Strategies of Forest Farmers Responding to Crisis in Ranga Village, Enrekang Subdistrict, Enrekang Regency


Tualle, Muchlas Dharmawan (2024) Telaah Perubahan Strategi Penghidupan Petani Sekitar Hutan dalam Menanggapi Krisis di Desa Ranga, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang = Investigating the Changing Livelihood Strategies of Forest Farmers Responding to Crisis in Ranga Village, Enrekang Subdistrict, Enrekang Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M012202018_tesis_18-03-2024 cover1.png

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M012202018_tesis_18-03-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M012202018_tesis_18-03-2024 dp.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M012202018_tesis_18-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana petani pedesaan membuat keputusan sebagai respon terhadap krisis yang berulang guna menjaga pertanian mereka, dan sejauh mana petani dapat menjalankan strategi penghidupan berkelanjutan untuk mempertahankan usaha tani mereka di tengah krisis. Penelitian ini menyajikan studi kasus di Desa Ranga, Kabupaten Enrekang, di mana data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi, dan diskusi kelompok terarah. Data dan informasi mengenai strategi mata pencaharian petani dalam menghadapi krisis seperti gagal panen, lonjakan (boom) dan kejatuhan (bust) komoditas, hingga pergantian komoditas primer yang beruntun dianalisis menggunakan kerangka mata pencaharian pedesaan yang berkelanjutan. Pendekatan "keseimbangan" Chayanovian-van der Ploeg juga digunakan untuk memahami pengambilan keputusan petani dan sejauh mana mereka mempertahankan usaha tani mereka sebagai petani 'peasant'. Kami menemukan bahwa di Desa Ranga kerentanan paling kritis yang secara langsung berkontribusi pada pergantian komoditas primer petani adalah serangkaian guncangan dalam bentuk gangguan fisik terhadap tanaman dan lahan. Lintasan sejarah pergantian komoditas yang beruntun untuk menjadi sumber penghidupan petani di Desa Ranga dibagi menjadi tiga fase utama yaitu fase masa lampau (sebelum dekade 1980 hingga akhir 1990-an), fase krisis (2000 – 2010) dan fase terkini (2010 hingga saat ini). Dalam membuat keputusan mengenai perubahan strategi penghidupan saat menghadapi krisis, petani akhirnya beralih dari pertanian 'peasant' ke pertanian kapitalis atau yang berorientasi keuntungan. Perubahan ini berpotensi memperdalam kerentanan petani Desa Ranga dengan menambahkan lebih banyak keterpaparan terhadap pasar yang fluktuatif dan tekanan lingkungan. Penelitian ini dapat membantu kita memahami respon petani di masa krisis, dan dengan demikian membantu menginformasikan langkah-langkah strategis potensial untuk pengembangan pertanian pedesaan guna meningkatkan ketahanan pertanian.

Keywords : Petani; Krisis; Komoditas; Strategi Penghidupan; Keseimbangan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peasant; Crises; Commodity; Livelihood Strategy; Balances.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:29
Last Modified: 31 Jul 2024 07:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35463

Actions (login required)

View Item
View Item