Analisis Stabilitas Breakwater Pantai Akibat Pengerukan = Analysis Of The Stability Of Coastal Breakwater Due To Dredging


Yushan, Muhammad Yusril (2023) Analisis Stabilitas Breakwater Pantai Akibat Pengerukan = Analysis Of The Stability Of Coastal Breakwater Due To Dredging. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
D011191032_skripsi_26-02-2024 cover1.jpg

Download (209kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011191032_skripsi_26-02-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011191032_skripsi_26-02-2024 dapus.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011191032_skripsi_26-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pemanfaatan breakwater adalah untuk melindungi daerah perairan pantai dan pelabuhan dari gangguan gelombang. Bangunan ini memisahkan daerah perairan laut bebas dengan daerah perairan pantai, sehingga perairan di sekitar pantai dan pelabuhan tetap tenang dan tidak banyak dipengaruhi oleh gelombang besar dari arah laut bebas. Pada daerah sekitar breakwater yang telah dibagun, berbagai aktifitas perairan telah dilakukan untuk berbagai keperluan, misalnya pengerukan. Aktifitas pengerukan di sekitar bangunan breakwater tentunya akan mempengaruhi kondisi perairan di sekitar breakwater itu sendiri. Untuk pengerukan dengan skala yang besar, dapat terjadi perubahan geometri dasar laut yang signifikan. Perubahan yang signifikan ini selanjutnya memperbesar kemungkinan terjadinya kegagalan pada dasar laut di sekitar bangunan breakwater tersebut. Analisis diperlukan untuk menentukan tingkat keamanan struktur breakwater terhadap perubahan kontur yang terjadi. Analisis stabilitas struktur breakwater pantai yang dilakukan perlu dilakukan untuk setiap tahapan selama dilakukan pengerukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stabilitas struktur breakwater pantai pada kondisi eksisting sebelum dilakukan pengerukan dan pada kondisi setelah dilakukan pengerukan. Stabilitas struktur breakwater pantai ditinjau berdasarkan angka keamanan yang diperoleh dari program komputer Geostudio slope/w. Tahapan penelitian yaitu analisis pemodelan struktur breakwater pantai dengan program komputer berbasis metode kesetimbangan batas yaitu Geostudio slope/w. Struktur breakwater pantai dibagi menjadi tiga potongan melintang. Pemodelan masing-masing potongan melintang dilakukan dalam tiga kondisi, yaitu kondisi eksisting sebelum pengerukan, kondisi setelah pengerukan tahap awal dan kondisi setelah pengerukan tahap akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur breakwater pantai tetap dalam keadaan stabil terhadap perubahan kondisi setelah dilakukan pengerukan. Angka keamanan struktur breakwater setelah pengerukan cenderung menurun dibandingkan sebelum dilakukan pengerukan.

Keywords : Stabilitas breakwater, Pengerukan, Geostudio slope/w

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Breakwater stability, Dredging, Geostudio slope/w
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:21
Last Modified: 12 Jul 2024 02:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35393

Actions (login required)

View Item
View Item