HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN WAROENG STEAK AND SHAKE CABANG BOULEVARD KOTA MAKASSAR = The Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction at Waroeng Steak and Shake, Boulevard Branch, Makassar City.


Wulan, Tenri (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN WAROENG STEAK AND SHAKE CABANG BOULEVARD KOTA MAKASSAR = The Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction at Waroeng Steak and Shake, Boulevard Branch, Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011201199_skripsi_21-06-2024 cover1.png

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011201199_skripsi_21-06-2024 1-2.pdf

Download (791kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011201199_skripsi_21-06-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011201199_skripsi_21-06-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kualitas pelayanan sangat menentukan ketahanan suatu usaha rumah makan dalam mempertahankan pelanggan yang akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan Waroeng Steak and Shake Cabang Boulevard Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2024 bertempat di Waroeng Steak and Shake Cabang Boulevard Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatory. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sub variabel empati memiliki korelasi kuat serta positif dengan nilai korelasi 0,686 dan signifikansi 0,000. Sub variabel daya tanggap memiliki korelasi kuat serta positif dengan nilai korelasi 0,682 dan signifikansi 0,000. Sub variabel berwujud memiliki korelasi kuat serta positif dengan nilai korelasi 0,549 dan signifikansi 0,000. Sub variabel jaminan memiliki korelasi cukup kuat serta positif dengan nilai korelasi 0,468 dan signifikansi 0,000. Sub variabel keandalan memiliki korelasi cukup kuat serta positif dengan nilai korelasi 0,440 dan signifikansi 0,000. Terdapat hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan yang ditunjukkan dengan semakin tinggi kualitas pelayanan maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan pelanggan serta secara keseluruhan dimensi kualitas pelayanan dari Waroeng Steak and Shake Cabang Boulevard Kota Makassar dikatakan baik.

Keywords : Hubungan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Relationships, Service Quality, Customer Satisfaction.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:30
Last Modified: 29 Jul 2024 04:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35381

Actions (login required)

View Item
View Item