PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN SOPPENG = THE ROLE OF REGIONAL GOVERNMENT IN DEVELOPMENT TOURISM IN SOPPENG DISTRICT


Mubarak, Khaerul (2024) PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN SOPPENG = THE ROLE OF REGIONAL GOVERNMENT IN DEVELOPMENT TOURISM IN SOPPENG DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051181504_skripsi_01-03-2024 Cover1.jpg

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051181504_skripsi_01-03-2024 Bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051181504_skripsi_01-03-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051181504_skripsi_01-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Khaerul Mubarak, Nomor Induk Mahasiswa E051181504, Program Studi Sarjana Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin menyusun Skripsi dengan judul Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Soppeng, di bawah bimbingan Bapak Dr. H. A. M. Rusli.,M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Rahmatullah.,S.IP.,M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Soppeng dalam pengembangan Desa Wisata dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk pencapai tujuan tersebut, digunakanlah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, serta dokumen dan arsip dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Soppeng dari sebagai mana peraturan Daerah Peraturan Daerah Kabupaten Soppeng Nomor 2 Tahun 2019 tentang Desa Wisata dari aspek pembangunan desa wisata terdiri dari Kelembagaan Desa Wisata, Objek Desa Wisata, Pemasaran Desa Wisata, telah berjalan dengan baik. Dari aspek Kelembagaan Desa Wisata di desa mattabulu dan bulue sudah terbentuk lembaga Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Pokdarwis yang mengelola desa wisata, sementara objek desa wisata masing-masing desa memiliki daya tarik tersendiri baik objek wisata alam maupun objek wisata budaya, sedangkan pemasaran desa wisata dilakukan oleh seluruh stakeholder baik pemerintah kabupaten yang melakukan promosi dalam bentuk iklan maupun promosi lansung dalam bentuk pengenalan objek wisata yang ada di Kabupaten Soppeng serta pemerintah desa melakukan promosi melalui akun Website resmi maupun media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter masing-masing desa. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi diantaranya faktor pendukung yakni Dukungan dari pemerintah desa dan Terbentuknya kelembagaan pengembangan destinasi wisata sedangkan faktor penghambatnya yaitu Keterbatasan Anggaran dan Sumber Daya Manusia.

Keywords : Peran, Pengembangan Desa Wisata, Kabupaten Soppeng

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role, Tourism Village Development, Soppeng Regency
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:35
Last Modified: 18 Jul 2024 07:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35304

Actions (login required)

View Item
View Item