Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Nelayan Kecil di Pulau Kodingareng Lompo = "The Role of Local Government in Empowering Small Fishermen in Kodingareng Lompo Island".


Akram, Baso (2024) Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Nelayan Kecil di Pulau Kodingareng Lompo = "The Role of Local Government in Empowering Small Fishermen in Kodingareng Lompo Island". Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051171017_skripsi_01-03-2024 Cover1.jpg

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051171017_skripsi_01-03-2024 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051171017_skripsi_01-03-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051171017_skripsi_01-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

BASO AKRAM, Nomor induk mahasiswa E051171017, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, dengan Skripsi yang berjudul: “Peran Pemerintah Daerah
Dalam Pemberdayaan Nelayan kecil di Pulau Kodingareng Lompo. (Dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Rabina Yunus M.Si sebagai Pembimbing Utama dan Rahmatullah, S.IP., M.Si sebagai Pembimbing Pendamping).
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menggambarkan perencanaan Pemerintah Daerah Kota Makassar dalam pemberdayaan nelayan kecil di Pulau Kodingareng Lompo serta menjelaskan pelaksanaan perencanaan pemerintah Kota Makassar dalam pemberdayaan nelayan kecil di Pulau Kodingareng Lompo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan penjabaran deskriptif. Pendekatan kualitatif dengan penjabaran deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran untuk
memahami dan menjelaskan peran pemerintah daerah dalam pemberdayaan nelayan kecil di Kota Makassar khususnya di Pulau Kodingareng Lompo. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan pemerintah daerah kota Makassar dalam hal ini dinas perikanan dan pertanian kota Makassar dalam pemberdayaan nelayan kecil di pulau kodingareng terdiri dari 3 bentuk perencanaan yakni, peningkatan kapasitas nelayan kecil, penyediaan data dan informasi sumber daya ikan, serta Penjaminan ketersediaan sarana usaha perikanan tangkap. Pelaksanaan perencanaan dinas perikanan dan pertanian kota Makassar dalam pemberdayaan nelayan kecil di pulau kodingareng lompo sudah terlaksana. Hanya dalam pelaksanaannya, masih ada nelayan kecil di pulau kodingareng lompo yang belum merasakan program pemberdayaan tersebut. Selain itu, nelayan kecil di pulau kodingareng lompo sangat mengharapkan bantuan yang berbentuk fisik, berupa kapal, mesin, dan alat tangkap. Hal ini karena peralatan yang digunakan untuk melaut tergolong sudah lama.

Keywords : Peran Pemerintah, Pemberdayaan, Nelayan Kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role of Government, Empowerment, Small Fishermen.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:34
Last Modified: 18 Jul 2024 07:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35303

Actions (login required)

View Item
View Item