Studi Campuran Tanah Lempung Plastisitas Tinggi dengan Variasi Kandungan Bentonite Terhadap Nilai California Bearing Ratio (CBR) = Study of High Plasticity Clay Mixture with Bentonite Content Variation to California Bearing Ratio (CBR) Value


Munajat, La Ode Agung (2024) Studi Campuran Tanah Lempung Plastisitas Tinggi dengan Variasi Kandungan Bentonite Terhadap Nilai California Bearing Ratio (CBR) = Study of High Plasticity Clay Mixture with Bentonite Content Variation to California Bearing Ratio (CBR) Value. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011191038_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011191038_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011191038_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011191038_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

LA ODE AGUNG MUNAJAT. Studi Campuran Tanah Lempung Plastisitas Tinggi dengan Variasi Kandungan Bentonite Terhadap Nilai California Bearing Ratio (CBR) (dibimbing oleh Achmad Bakri Muhiddin dan Ardy Arsyad).
Tanah lempung ekspansif merupakan salah satu tanah yang sangat mudah dipengaruhi oleh air. Hal ini menyebabkan tanah lempung ekspansif mempunyai beberapa sifat buruk seperti sifat pengembangan dan penyusutan yang besar serta memiliki nilai indeks plastisitas tinggi yang mengakibatkan pada kondisi air tertentu tanah dapat mengalami perubahan volume. Dengan perubahan volume tanah akibat kadar air yang rendah dapat mengakibatkan penurunan pada bangunan di atasnya (Settlement). Selain penurunan, akibat kadar air yang tinggi dalam tanah dapat pula mengakibatkan tanah mengembang sehingga dapat menyebabkan bangunan terangkat (Uplift). Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki daya dukung dari tanah lempung ekspansif, dalam hal ini nilai CBR tanah yang diuji pada dua kondisi yaitu tak terendam (Unsoaked) dan terendam (Soaked). Selain itu dapat diketahui juga besar pengembangan dari pengujian CBR terendam (Soaked). Untuk menunjang penelitian utama tersebut dilakukan penelitian indeks properti untuk menjelaskan perilaku tanah lempung ekspansif.
Pada penelitian ini digunakan bentonite untuk memperoleh karakteristik tanah ekpansif yang dibutuhkan dengan komposisi 25%, 50%, 75% dan 100% bentonite. Bentonite diketahui memiliki kemampuan mengembang yang besar, mudah menyerap air, dan indeks plastisitas tinggi karena mengandung mineral montmorillonite. Hasil penelitian menunjukkan nilai CBR sampel tanah timbunan,
bentonite, dan campuran bentonite termasuk kategori baik untuk digunakan sebagai subgrade. Sedangkan dari hasil pengujian CBR terendam (Soaked) nilai CBR sampel tanah timbunan, bentonite, dan campuran bentonite termasuk kategori buruk untuk digunakan sebagai subgrade karena memiliki nilai CBR yang rendah dan pengembangan yang besar.

Kata Kunci: Tanah Ekspansif, Bentonite, CBR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Expansive Soil, Bentonite, CBR.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:32
Last Modified: 09 Jul 2024 07:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35261

Actions (login required)

View Item
View Item