PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KELALAIAN PELAKU USAHA JASA FOTOGRAFI YANG MENGHILANGKAN HASIL FOTO PERNIKAHAN = CONSUMER PROTECTION AGAINST NEGLIGENCE OF PHOTOGRAPHIC SERVICE BUSINESS SERVICES THAT LOST WEDDING PHOTOS


Hidayat, Ahmad (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KELALAIAN PELAKU USAHA JASA FOTOGRAFI YANG MENGHILANGKAN HASIL FOTO PERNIKAHAN = CONSUMER PROTECTION AGAINST NEGLIGENCE OF PHOTOGRAPHIC SERVICE BUSINESS SERVICES THAT LOST WEDDING PHOTOS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011191120_skripsi_28-02-2024 cover1.png

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011191120_skripsi_28-02-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011191120_skripsi_28-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011191120_skripsi_28-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

AHMAD HIDAYAT (B011191120), “Perlindungan Konsumen Terhadap Kelalaian Pelaku Usaha Jasa Fotografi Yang Menghilangkan Hasil Foto Pernikahan”. Dibimbing oleh Sakka Pati sebagai pembimbing
Utama dan Andi Kurniawati sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis akibat hukum dari kelalaian pelaku usaha jasa fotografi yang menghilangkan foto pernikahan konsumen dan menelaah pertanggung jawaban pelaku usaha jasa fotografi dalam menghilangkan hasil foto pernikahan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris dengan menganalisis data atau informasi dari responden yang menjadi objek penelitian. Penulis menggunakan sumber data primer berupa hasil wawancara terhadap pelaku usaha fotografi dan konsumen yang menggunakan jasa fotografi, data sekunder berupa peraturan perundangundangan dan literatur atau bahan bacaan yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian ini, yang kemudia dibahas secara Analasis Deskriptif Kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Akibat Hukum dari kelalaian pelaku usaha yang menghilangkan hasil foto pernikahan pada kasus yang ada yaitu melakukan ganti kerugian saja. (2) Memberikan ganti kerugian berupa pengembalian uang secara penuh atapun sebagian. Ganti rugi dari masing-masing pelaku usaha memiliki persentasi yang berbeda dikarenakan tidak adanya aturan mengenai ganti rugi yang dibuat di awal perjanjian.

Keywords : Jasa Fotografi, Kelalaian, Perlindungan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Consumer Protection, Negligence, Photography Business
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:17
Last Modified: 09 Jul 2024 07:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35249

Actions (login required)

View Item
View Item