Fatwa, Agung (2023) ANALISIS KARAKTERISTIK ALIRAN DENGAN MODEL PILAR PADA SALURAN TERBUKA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D011191057_skripsi_29-02-2024 Cover1.jpg
Download (222kB) | Preview
D011191057_skripsi_29-02-2024 bab1-2.pdf
Download (1MB)
D011191057_skripsi_29-02-2024.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
D011191057_skripsi_29-02-2024 Dapus.pdf
Download (200kB)
Abstract (Abstrak)
Pilar sangat berpengaruh terhadap fenomena fisik aliran sungai, terutama di sekitar pilar itu sendiri seperti berubahnya pola aliran, gerusan, sedimentasi dan lain-lain. Oleh karena itu analisis karakteristik aliran ini dilakukan di Laboratorium Hidrolika untuk mengetahui kecepatan aliran di permukaan saluran, tengah saluran, tepi saluran dan kecepatan aliran di dasar saluran dengan adanya hambatan pilar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distribusi kecepatan aliran di sekitar pilar pada saluran terbuka dan menganalisis karakteristik aliran sebelum dan setelah melewati pilar pada saluran terbuka. Pengambilan data kecepatan dilakukan dengan tiga variasi debit dengan menggunakan alat ukur kecepatan aliran yaitu Portable velocity meter Ls300-A. Hambatan yang digunakan sebagai alat penelitian model yaitu pilar . Pengukuran kecepatan dilakukan pada 14 section. Pada setiap section, kecepatan horizontal dibagi menjadi 3 segmen yaitu dari arah kanan, tengah, dan kiri saluran sedangkan pada kecepatan vertikal dibagi pada sembilan titik kedalaman sehingga total pengukuran tiap variasi sebanyak 126 titik yang berbeda. Saluran terbuka digunakan untuk mengalirkan debit dan menempatkan model pilar. dengan dimensi model pilar diameter bawah 6 cm, diameter atas 3 cm, dan tinggi 30 cm. Berdasarkan hasil penelitian meunjukkan bahwa distribusi kecepatan aliran rata-rata pada tanpa pilar menunujukkan tidak ada perubahan signifikan dan pada model pilar terdapat perubahan kecepatan aliran rata-rata pada section F melambat kemudian berangsur normal pada section G, pada model pilar distribusi kecepatan aliran vertikal pada segmen tengah section F hingga G mengalami pelambatan kecepatan aliran sehinnga mengalami kontraksi aliran pada segmen kiri dan kanan. Pada distribusi kecepatan aliran profil melintang sesudah melewati pilar yaitu section P1 hingga L terjadi perubahan kecepatan aliran pada segmen tengah yang cenderung melambat dan berangsur normal. hasil penelitian karakteristik aliran pada tanpa pilar menunjukkan pola aliran sebelum dan sesudah pilar yaitu aliran turbulen dan aliran sub kritis. Pada model pilar menunjukkan pola aliran yang mengalami perubahan dari sebelum melewati pilar pada section P1 segmen tengah terjadi pelambatan aliran hingga pada section P2 hingga G berubah menjadi aliran transisi, sehingga nilai Fr mengalami penurunan dan perlahan mulai kembali menjadi aliran turbulen pada section G hingga L dan pada segmen kiri dan kanan P2 dan G terjadi peningkatan kecepatan aliran akibat perubahan pola aliran di sekitar pilar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | - Andi Anna |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 07:47 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 07:47 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35154 |