PENGARUH EDUKASI BERBASIS VIDEO LEARNING MULTIMEDIA DAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN PENGAPLIKASIAN SADARI PADA REMAJA PUTRI = THE INFLUENCE OF EDUCATION BASED ON MULTIMEDIA VIDEO LEARNING AND BOOKLETS ON KNOWLEDGE AND APPLICATION OF BSE IN YOUNG WOMEN


Irma, Irma (2024) PENGARUH EDUKASI BERBASIS VIDEO LEARNING MULTIMEDIA DAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN PENGAPLIKASIAN SADARI PADA REMAJA PUTRI = THE INFLUENCE OF EDUCATION BASED ON MULTIMEDIA VIDEO LEARNING AND BOOKLETS ON KNOWLEDGE AND APPLICATION OF BSE IN YOUNG WOMEN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012221009_tesis_21-02-2024 Cover1.jpg

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012221009_tesis_21-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012221009_tesis_21-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012221009_tesis_21-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

SADARI merupakan salah satu metode skrining yang digunakan untuk deteksi dini kanker payudara dengan cara melihat dan meraba untuk menemukan kelainan, benjolan dan pembengkakan pada payudara, kurangnya informasi tentang sadari pada remaja tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) menjadi salah satu penyebab tidak terbentuknya pengetahuan dan kesadaran untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Video Learning Multimedia dan Booklet dalam meningkatkan pengetahuan tentang SADARI dan mengaplikasikan pengetahuan tersebut. Metode penelitian menggunakan quasi-experiment dengan rancangan Non Equivalent pre-test dan post-test design. Sampel penelitian sebanyak 52 remaja putri di SMPN 1 Tellu Siattinge dan SMPN 1 Ulaweng. Uji Wlicoxon, Mann Whitney dan Chi Square diterapkan untuk menganalisis data.
Hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan bahwa media Video Learning Multimedia dan Booklet berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang SADARI (p = 0.000), dan berdasarkan uji mann whitney p = 0.639 yang artinya tidak ada perbedaan antara video learning multimedia dan booklet dalam meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang SADARI, akan tetapi dalam variable pengaplikasian setelah di lakukan uji dengan Chi Square metode video learning multimedia lebih baik dibandingkan media booklet dengan nilai p=0.007 sehingga dapat disimpulkan bahwa Video Learning Multimedia lebih baik untuk digunakan dalam memberikan edukasi tentang SADARI pada remaja putri dalam meningkatkan pengetahuan dan pengaplikasian SADARI karena Video Learning Multimedia memudahkan remaja putri memahami serta menyerap informasi dengan baik sehingga dapat memberikan stimulus untuk bertindak dalam melakukan SADARI.

Keywords : SADARI, Video Learning Multimedia, Booklet, Pengetahuan, dan Pengaplikasian

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: BSE, Video Leaming Multimedia, Booklet, Knowledge, and Application.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:46
Last Modified: 05 Jul 2024 07:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35101

Actions (login required)

View Item
View Item