Perilaku Memilih Masyarakat Suku Bugis Dalam Pemilihan Bupati di Kabupaten Tanah Bumbu = Voting Behavior of Bugis Tribal People in Regent Election in Tanah Bumbu Regency


Ananda, Novia (2024) Perilaku Memilih Masyarakat Suku Bugis Dalam Pemilihan Bupati di Kabupaten Tanah Bumbu = Voting Behavior of Bugis Tribal People in Regent Election in Tanah Bumbu Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E041201058_skripsi_21-02-2024 Cover1.jpg

Download (260kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041201058_skripsi_21-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf

Download (713kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041201058_skripsi_21-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041201058_skripsi_21-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi masyarakat suku Bugis memilih dalam pilkada dan mengetahui faktor yang dominan pada masyarakat suku Bugis memilih dalam pilkada.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deksriptif analisis. Alasan menggunakan deskriptif analisis agar penelitian diarahkan untuk menggambarkan fakta dengan argumen yang tepat. Penelitian dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai sesuatu dengan keadaan yang sebenarnya pada saat penelitian dilakukan, kemudian mendeskripsikan secara terperinci. Penelitian deskriptif bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, dan sifat-sifat populasi di daerah tertentu. Dasar penelitian ini adalah metode kualitatif, hal ini bertujuan agar memperoleh gambaran seutuhnya mengenai suatu hal menurut pandangan manusia yang diteliti. Penelitian kualitatif berhubungan dengan ide, presepsi, pendapat, atau kepercayaan orang yang di teliti. Teknik analisa data penelitian ini yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Dalam memastikan keabsahan data peneliti menguji kredibilitasnya dengan teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data yang didapatkan peneliti meliputi data primer dan data sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perilaku memilih masyarakat suku Bugis cenderung dipengaruhi oleh aspek psikologis, terutama melalui faktor praktik politik pengaruh. Faktor ini berpotensi merugikan kualitas demokrasi. Praktik politik pengaruh dapat membuat masyarakat lebih mudah terpengaruh oleh pemberian-pemberian materi dari kandidat, sehingga mereka tidak mampu memilih kandidat yang sesuai dengan kepentingan mereka. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mencegah praktik politik pengaruh ini.

Keywords : Perilaku Memilih, Masyarakat Suku Bugis, Aspek Psikologis, Praktik Politik Pengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Voting Behavior, Bugis Tribe Community, Psychological Aspects, Political Influence Practices.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:57
Last Modified: 03 Jul 2024 06:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35055

Actions (login required)

View Item
View Item