Peningkatan Kualitas Partisipasi Penyandang Disabilitas Menjelang Pemilu Tahun 2024 Oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar = Increasing The Quality of Participation for Persons with Disabilities Towards 2024 Election by The General Elections Commission of Makassar City


Adli, Firjah Kaghassani (2024) Peningkatan Kualitas Partisipasi Penyandang Disabilitas Menjelang Pemilu Tahun 2024 Oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar = Increasing The Quality of Participation for Persons with Disabilities Towards 2024 Election by The General Elections Commission of Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E041201027_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (147kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041201027_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041201027_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041201027_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2026.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pelaksanaan sosialisasi pendidikan pemilih sebagai bagian dari proses kerja KPU Kota Makassar dalam rangka meningkatkan kualitas partisipasi penyandang disabilitas menjelang Pemilihan Umum tahun 2024. Peningkatan kualitas partisipasi yang dimaksud dalam penelitian ini merujuk pada mengembangkan pelaksanaan sosialisasi ke arah yang lebih baik dalam menjaga kualitas partisipasi sehingga tidak terjadi penurunan angka partisipasi penyandang disabilitas di kota Makassar. Dasar penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, di mana tipe penelitian deskriptif memberi gambaran secara jelas mengenai masalah-masalah yang diteliti berdasarkan keterkaitan antara suatu gejala dengan gejala lainnya dalam tatanan sosial. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam menganalisa data penelitian dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sosialisasi pendidikan pemilih yang dilakukan oleh KPU Kota Makassar telah menjalani proses kelembagaan dan kinerja sesuai Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pelaksanaan sosialisasi pendidikan pemilih sebagai bagian dari proses kerja KPU Kota Makassar dalam rangka meningkatkan kualitas partisipasi penyandang disabilitas menjelang Pemilihan Umum tahun 2024. Peningkatan kualitas partisipasi yang dimaksud dalam penelitian ini merujuk pada mengembangkan pelaksanaan sosialisasi ke arah yang lebih baik dalam menjaga kualitas partisipasi sehingga tidak terjadi penurunan angka partisipasi penyandang disabilitas di kota Makassar. Dasar penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, di mana tipe penelitian deskriptif memberi gambaran secara jelas mengenai masalah-masalah yang diteliti berdasarkan keterkaitan antara suatu gejala dengan gejala lainnya dalam tatanan sosial. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam menganalisa data penelitian dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sosialisasi pendidikan pemilih yang dilakukan oleh KPU Kota Makassar telah menjalani proses kelembagaan dan kinerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diamanatkan dalam PKPU dan UU. KPU Kota Makassar melaksanakan sosialisasi pendidikan pemilih dengan mengutamakan sosialisasi tatap muka yang berkoordinasi dengan berbagai organisasi disabilitas di kota Makassar dan mengoptimalkan penggunaan media. Adapun hambatan yang dihadapi oleh KPU Kota Makassar adalah data organisasi disabilitas yang kurang jelas, anggaran yang terbatas, penyandang disabilitas yang kesulitan dalam menerima dan mengakses informasi, serta sumber daya manusia yang minim dan belum inklusif.

Kata Kunci : Partisipasi, Sosialisasi, Penyandang Disabilitas, Pemilu Tahun 2024, KPU Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Participation, Socialization, Disabilities, 2024 General Elections, The General Elections Commission of Makassar City.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jul 2024 01:01
Last Modified: 02 Jul 2024 01:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34986

Actions (login required)

View Item
View Item