Upaya Kartini Lolo Dalam Mempersiapkan Diri Sebagai Calon Anggota DPR RI dari Partai PDIP = Kartini Lolo's Efforts to Prepare Herself as a Candidate for Member of the DPR RI from the PDIP Party


Hariyati, Umi (2024) Upaya Kartini Lolo Dalam Mempersiapkan Diri Sebagai Calon Anggota DPR RI dari Partai PDIP = Kartini Lolo's Efforts to Prepare Herself as a Candidate for Member of the DPR RI from the PDIP Party. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E041201012_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (480kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041201012_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041201012_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041201012_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kartini Lolo membangun kekuatan politik untuk mendukung pencalonan dirinya sebagai DPR RI tahun 2024 serta bagaimana penguatan modal sosial yang dilakukan Kartini Lolo untuk memperoleh pendukung menjelang pemilihan DPR RI tahun 2024. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktor sebagai kekuatan politik dan teori modal sosial.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualititatif tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap beberapa infoman serta menggunakan dua macam data yaitu primer dan sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kartini Lolo dalam persiapannya menjadi calon anggota DPR RI dari PDIP, menggunakan kekuatan finansial, keluarga, dan modal sosial. Strategi ini mencakup pemanfaatan jaringan kekerabatan dan pertemanan melalui CV Karya Lolo untuk membangun basis dukungan, serta pengalokasian sumber daya finansial untuk memberi bantuan kepada masyarakat dan membiayai kegiatan kampanye. Modal sosial Kartini Lolo yang kuat, yang terdiri dari jaringan, kepercayaan, dan norma, berperan vital dalam persiapannya. Jaringan menjadi faktor terpenting karena Kartini Lolo sudah pernah menduduki sebagai wakil rakyat selama tiga periode sehingga banyak masyarakat yang sudah mengenal beliau terlebih lagi dia memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat Sedangkan jika dilihat dari segi kepercayaan, Kartini Lolo menggunakan kekuatan dari aspirasi aspirasi yang diusulkan masyarakat, yang berhasil direalisasikan. Yang terahir Kartini juga menerapkan nilai-nilai kebudayaan lokal seperti Sipakatau, Sipakainge, dan Sipakalebbi dalam interaksi sosialnya.
Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu saran praktis bagi kontestan politik bahwa kekuatan politik dan modal sosial memainkan peran penting dalam mendukung pencalonan sebagai anggota legislatif. Melalui kekuatan politik financial dan penguatan modal sosial melalui interaksi sosial yang aktif, calon anggota legislatif dapat meningkatkan peluang mereka untuk terpilih. Namun, tantangan seperti hambatan struktural dan persaingan politik yang intens juga perlu diatasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Kata Kunci : Kartini Lolo, Kekuatan Politik, Modal sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kartini Lolo, Political Power, Social Capital.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jul 2024 01:12
Last Modified: 02 Jul 2024 01:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34982

Actions (login required)

View Item
View Item