Irafany, Susy Asteria (2020) Indeks Kenyamanan Jalur Pedstrian Berbasis Kebutuhan Pejalan Kaki di Kota Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
P052172003_tesis(FILEminimizer) cover.png
Download (175kB) | Preview
P052172003_tesis(FILEminimizer) dapus.pdf
Download (1MB)
P052172003_tesis(FILEminimizer) 1-2.pdf
Download (2MB)
P052172003_tesis(FILEminimizer)-------------.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Indeks kenyamanan jalur pedestrian adalah hasil pengukuran tingkat kenyamanan jalur pedestrian yang akan menjadi tolak ukur untuk melakukan pengembangan jalur pedestrian yang layak bagi pejalan kaki. Jalur pedestrian dapat dikatakan layak jika dapat memenuhi kebutuhan pejalan kaki yang diukur dari dari berbagai aspek yaitu sirkulasi, aksesibilitas, keteduhan, kebisingan, keamanan, keselamatan, kebersihan, keindahan dan konektivitas.
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi dan mengukur tingkat kenyamanan kenyamanan jalur pedestrian di Kota Makassar, 2) menentukan prioritas faktor-faktor kenyamanan berdasarkan kebutuhan pejalan kaki, 3) menganalisis indeks kenyamanan jalur pedestrian berdasarkan kebutuhan pejalan kaki.
Lokasi penelitian berada di Kecamatan Ujung Pandang, yaitu jalur pedestrian di sepanjang Pantai Losari sampai Benteng Rotterdam mewakili kebutuhan pejalan kaki opsional dan sepanjang Jalan Jenderal Ahmad Yani mewakili kebutuhan pejalan kaki fungsional. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan skala likert dan untuk menentukan skala prioritas kebutuhan pejalan kaki digunakan teknik analisis AHP (Analytical Hierarchy Process). Perpaduan hasil pengukuran tingkat kenyamanan dengan angka koefisien prioritas variabel-variabel yang diteliti akan menghasilkan indeks kenyaman jalur pedestrian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks kenyamanan jalur pedestrian di Kota Makassar belum masuk dalam kategori nyaman. Jalur pedestrian di lokasi A (Sepanjang Pantai Losari sampai Benteng Rotterdam) yang mewakili pejalan kaki opsional memiliki indeks kenyamanan sebesar 60.20 dengan kategori cukup nyaman. Sedangkan jalur pedestrian di lokasi B (sepanjang Jalan Jenderal Ahmad Yani) yang mewakili pejalan kaki fungsional memiliki indeks kenyamanan sebesar 56,58 dengan kategori tidak nyaman. Faktor keselamatan, keamanan dan konektiitas merupakan prioritas utama kebutuhan pejalan kaki opsional dan fungsional.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prioritas kebutuhan, tingkat kenyamanan, jalur pedestrian, pejalan kaki |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 00:51 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:30 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3498 |