MODALITAS MUH. BASLI ALI - SAIFUL ARIF DALAM MEMENANGKAN PILKADA KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR 2020 = THE MODALITIES OF MUH. BASLI ALI - SAIFUL ARIF IN WINNING THE 2020 SELAYAR ISLANDS REGENCY ELECTION


Hidayat, Rahmat (2024) MODALITAS MUH. BASLI ALI - SAIFUL ARIF DALAM MEMENANGKAN PILKADA KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR 2020 = THE MODALITIES OF MUH. BASLI ALI - SAIFUL ARIF IN WINNING THE 2020 SELAYAR ISLANDS REGENCY ELECTION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E041191015_skripsi_20-05-2024 cover1.png

Download (405kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041191015_skripsi_20-05-2024 1-2.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041191015_skripsi_20-05-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041191015_skripsi_20-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Pada arena kontestasi pilkada, yang dimana di dalamnya terdapat kompetisi antar aktor untuk mendapatkan posisi sebagai kepala daerah. Pertarungan untuk mencapai posisi tersebut berkaitan erat dengan kepemilikan modal oleh setiap kandidat, Semakin besar akumulasi yang dimiliki oleh pasangan calon maka semakin besar pula peluang kemenangan yang akan didapatkan. Dominasi kuat pasangan Muh. Basli Ali - Saiful Arief dalam pertarungan politiknya menarik ditelisik lebih jauh dalam konteks akumulasi modal yang mereka punya sebagai kunci kemenangannya. Tujuan. Penelitian ini mengkaji tentang Modalitas politik pasangan Muh. Basli Ali - Saiful Arif dalam pemenangan Pilkada Kabupaten Kepulauan Selayar pada tahun 2020. Metode. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menggambarkan modalitas politik pasangan Muh. Basli Ali - Saiful Arif dalam pemenangannya pada Pilkada Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2020 menggunakan konsep modalitas politik dengan pengukuran melalui modal sosial dan modal politik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara terhadap beberapa informan yang terkait dengan peneltian, serta melakukan observasi terjun langsung ke lokasi penelitian dan menggunakan studi kepustakaan sebagai data sekunder. Hasil. penelitian menunjukkan bahwa pasangan H. Muh Basli Ali – Saiful Arif memiliki modalitas sosial dan politik yang kuat dibandingkan calon pesaingnya, latar belakang sebagai tokoh dan pengalaman dalam politik membuat H. Muh Basli Ali memiliki track record dalam berinteraksi dengan masyarakat, sebagai incumbent Basli Ali selalu berusaha untuk memperkuat modal sosialnya dimasyarakat melalui kepemimpinannya yang merakyat. Kemudian hadirnya sosok Saiful Arif sebagai wakil menjadi salah satu kekuatan dari pasangan ini. Kemudian lebih lanjut, sebagai tokoh dari latar belakang agama yang terkenal bersih di pemerintahan, Saiful Arif berhasil menarik basis pendukung yang besar dari kalangan yang ia wakilkan. Langkah politik yang dilakukan oleh Basli Ali juga berhasil membuat dukungan elite politik berpusat kepadanya yang menjadi salah satu faktor kunci dalam dominasi kemenangannya di Pilkada kemarin. Kesimpulan. H. Muh Basli Ali dan Saiful Arif memanfaatkan modal sosial dan politik, interaksi masyarakat, dan reputasi mereka untuk memenangkan Pilkada 2020 di Kabupaten Kepulauan Selayar. Strategi pergantian partai Basli Ali dan citra bersih Saiful Arif sebagai tokoh agama juga berkontribusi pada keberhasilan mereka.

Kata Kunci : Modalitas, Pilkada, Elite Politik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modalities, Pilkada, Political Elite
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 02 Jul 2024 01:32
Last Modified: 02 Jul 2024 01:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34973

Actions (login required)

View Item
View Item