ANALISIS POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS PENGANUT HINDU TOWANI TOLOTANG DENGAN KOMUNITAS MUSLIM KABUPATEN SIDRAP = Analysis Of Communication Patterns Of The Hindu Towani Tolotang Community With Muslim Community in Sidrap Regency


Kusmana, Friska Sundari (2024) ANALISIS POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS PENGANUT HINDU TOWANI TOLOTANG DENGAN KOMUNITAS MUSLIM KABUPATEN SIDRAP = Analysis Of Communication Patterns Of The Hindu Towani Tolotang Community With Muslim Community in Sidrap Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022212012_tesis_04-04-2024 cover1.png

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022212012_tesis_04-04-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022212012_tesis_04-04-2024 dp.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022212012_tesis_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Komunikasi antarkelompok memillki kontribusi dalam menjaga dan membentuk hubungan sosial yang hidup dalam masyarakat multikultural. Penelitian ini bertujuan menganalisis pola komunikas kelompok masyarakat penganut Hindu Towani Tololang dengan Masyarakat Muslim Kabupaten Sidrap serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mempertahankan hubungan harmonis yang dapat menjadl inspirasi masyarakat yang hidup dalam keberagaman agama, suku, dan budaya. Metode penelitian ini adalah kualitatif, menggunakan studi etnografi yang mendeskripsikan makna dan bentuk sosiokultural di tengah masyarakat multikultural, dengan melakukan observasi dan wawancara secara personality interview dan in depth interview. Lokasi penelitian di Kecamatan Amparita dan Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan sebagai tempat berdomisili penganut Hindu Towani Tolotang. Informan penelitian dipilih melalui purposive sampling dengan memilih tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah setempat yang beragama Hindu Towani Tolotang dan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat penganut Hindu Towani Tolotang dan Masyarakat Muslim Kabupaten Sidrap menggunakan dua pola komunikasi. Pertama. pola Y pemangku adat melakukan komunikasi dengan seseorang yang ditokohkan untuk menyampaikan informasi ke masyarakat Hindu Towani Tolotang maupun dengan masyarakat Muslim. Kedua, pola komunikasi bintang. Pola ini memungkinkan adanya partisipasi anggota secara optimum. Artinya, semua orang memiliki kekuatan yang sama untuk menyampaikan informasi dan pendekatan dengan individu maupun kelompok. Adapun faktor-faktor pendukung komunikasi tersebut masih berkaitan dengan prinsip-prinsip masyarakat suku Bugis yang turun-temurun diterapkan dari generasi ke generasi. Seperti musyawarah (tudang sipulung). Kebiasaan "permisi" (mappatabe), saling memanusiakan, saling menghormati atau menghargai dan saling mengingatkan (sipkatau, sipakalebbi, sipakainge) dan Nasihat (pappaseng). Adapun faktor penghambat komunikasi berkaitan dengan minimnya tenaga pendidik yang mengajarkan agama lokal karena dengan pendidikan formal memberikan dampak kepada pengetahuan berkomunikasi, beretika dan berprilaku, serta tidak adanya program pemerintah khusus keagamaan yang terorganisir, masyarakat akan mengalami kurangnya pemahaman tentang nilai-nilai agama, etika, dan toleransi antaragama.

Kata kunci Pola Komunikasi; Tolotang; keberagaman; Kabupaten Sidrap

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Communication pattem, Tolotang, Diversity, Sidrap Regency
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:57
Last Modified: 28 Jun 2024 06:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34936

Actions (login required)

View Item
View Item