Etnografi Komunikasi Akulturasi Mahasiswa Papua di Universitas Hasanuddin = Ethnography of Papuan Student Acculturation Communication at Hasanuddin University


Adila, Widyawati (2024) Etnografi Komunikasi Akulturasi Mahasiswa Papua di Universitas Hasanuddin = Ethnography of Papuan Student Acculturation Communication at Hasanuddin University. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021201095_skripsi_14-05-2024cover1.png

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021201095_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (722kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021201095_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (943kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021201095_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

WIDYAWATI ADILA. Etnografi Komunikasi Akulturasi Mahasiswa Papua di Universitas Hasanuddin. (Dibimbing Oleh Hasrullah dan Indrayanti).
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui akulturasi mahasiswa Papua di Universitas Hasanuddin (2) untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat akulturasi mahasiswa Papua di Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini dilakukan di Universitas Hasanuddin, Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode etnografi komunikasi. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian menemukan bahwa akulturasi mahasiswa Papua di Universitas Hasanuddin diawali dengan proses adaptasi melalui kondisi lingkungan, masyarakat, bahasa hingga ciri fisik yang dimiliki oleh mahasiswa Papua. Setelah melewati proses adaptasi, mahasiwa Papua akan berada di tahap akulturasi. Akulturasi yang terjadi pada mahasiswa Papua di Universitas Hasanuddin berjalan dengan baik dan lancar walaupun didasari oleh komunikasi yang berbeda. Pada tahap akulturasi, mahasiswa Papua memperoleh dan menerapkan budaya Makassar di Universitas Hasanuddin dan menerapkan model akulturasi integrasi dan asimilasi. Hal ini dapat dilihat pada mahasiswa Papua yang fasih berbahasa dan menggunakan dialek makassar di lingkungan kampus serta berpartisipasi dan mengunjungi perayaan hari raya di kampus bersama teman-temannya. Hambatan akulturasi yang dialami mahasiswa papua adalah perbedaan bahasa dan penolakan terhadap mahasiswa Papua dari masyarakat sekitar dan teman-teman di kampus. Namun hambatan tersebut bisa diatasi dengan adanya dukungan dari teman sesama Papua dan keluarga untuk melewati segala proses adaptasi hingga pada tahap akulturasi selama menjadi mahasiswa di Universitas Hasanuddin.

Keywords : akulturasi, adaptasi, mahasiswa Papua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Acculturation, adaptation, Papuan students.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 04:58
Last Modified: 28 Jun 2024 04:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34923

Actions (login required)

View Item
View Item