PENERAPAN HEALTH COACHING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG PENGENDALIAN HIPERTENSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO EDUKASI PADA KELUARGA NY. R


Sabono, Lussy Gimerlin (2023) PENERAPAN HEALTH COACHING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG PENGENDALIAN HIPERTENSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO EDUKASI PADA KELUARGA NY. R. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R014221052_skripsi_20-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R014221052_skripsi_20-02-2024 Cover1.jpg

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
R014221052_skripsi_20-02-2024 Dapus.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R014221052_skripsi_20-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang sering diderita oleh masyarakat. Hipertensi harus dikendalikan karna jika tidak dikendalikan atau tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, gangguan saraf hingga dapat menyebabkan kematian. Faktor yang berhubungan dengan pengendalian hipertensi yaitu pengetahaun. Pengetahuan yang baik tentang hipertensi dapat mempengaruhi dalam pengontrolan tekanan darah, dengan banyaknya pengetahuan yang didapatkan tentang kesehatan maka individu dapat mengetahui penyebab dan pengobatan untuk penyakit yang dideritanya. Oleh karena itu diperlukan sebuah pendekatan yang dapat meningkatkan pengetahuan tentang hipertensi. Pendekatan Health Coaching merupakan pendekatan yang dapat diterapkan dikarenakan pendekatan ini mendampingi pasien dan keluarga untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kepercayaan diri dalam mengelola masalah kesehatannya. Pendekatan ini juga harus didukung dengan penggunaan media yang mudah dipahami serta menarik yaitu dengan menggunakan media video edukasi. Tujuan: Mengetahui perbandingan pengetahuan tentang pengendalian hipertensi sebelum dan sesudah penerapan Health Coaching dengan menggunakan media video edukasi pada keluarga Ny. R. Metode: Menggunakan metode studi kasus deskritif yaitu menerapkan Health Coaching dengan media video edukasi pada keluarga Ny. R. Hasil: Hasil pada studi kasus ini yaitu adanya peningkatan pengetahuan tentang hipertensi pada keluarga Ny.R setelah dilakukan penerapan Health Coaching dengan menggunakan media video edukasi. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan terkait hipertensi dan pengendaliannya setelah diberikan video edukasi dengan penerapan Health Coaching.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Health Coaching, Hipertensi, Video Edukasi, Pengetahuan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Profesi Keperawatan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 28 Jun 2024 04:58
Last Modified: 28 Jun 2024 04:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34922

Actions (login required)

View Item
View Item