Analisa Komunikasi Interpersonal Pondok Baca Oi Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Desa Atuwalupang Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata = Analysis of Interpersonal Communication of Pondok Baca Oi in Increasing Children's Interest in Reading Atuwalupang Village, Buyasuri District, Lembata Regency.


Ramadhan, Izulhaq (2024) Analisa Komunikasi Interpersonal Pondok Baca Oi Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Desa Atuwalupang Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata = Analysis of Interpersonal Communication of Pondok Baca Oi in Increasing Children's Interest in Reading Atuwalupang Village, Buyasuri District, Lembata Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191017_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021191017_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191017_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191017_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa komunikasi interpersonal Pondok Baca Oi dalam meningkatkan minat membaca anak. Tujuan membaca adalah untuk memperoleh informasi, merangsang kreatifitas, serta menambah wawasan dari bahan bacaan itu sendiri. Menurut Mansur (2018) minat membaca merupakan kesenangan yang kuat yang timbul karena memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan membaca untuk memperoleh pengetahuan dan menghasilkan kesenangan dan keuntungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan hasil yang tidak dapat dicapai dengan metode statistik atau metode kuantifikasi lainnya. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling, yakni memilih informan yang dianggap berkompeten dan sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.Dalam penelitian ini ditemukan bahwa selain menerapkan teori penetrasi sosial, relawan Pondok Baca Oi juga menerapkan aspek-aspek komunikasi interpersonal untuk dapat mengajak anak-anak dalam upaya meningkatkan minat membaca. Aspek-aspek komunikasi interpersonal itu yakni adanya keterbukaan, empati, sikap positif ,dan sikap saling mendukung. Hambatan komunikasi interpersonal yang terjadi antara relawan dan anak-anak biasanya terjadi karena perbedaan bahasa dan juga kesibukan relawan.Dalam berkegiatan, Pondok Baca oi melakukan beberapa metode untuk menarik perhatian anak yaitu, menyisipkan permainan saat belajar, belajar di alam terbuka, memberikan hadiah.

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal. Pondok Baca Oi, Minat Baca Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interpersonal Communication, Pondok Baca Oi, Children's Reading Interest.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:40
Last Modified: 28 Jun 2024 06:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34891

Actions (login required)

View Item
View Item