Jaringan Pengembangan Kapasitas Street Level Bureaucracy Dalam Implementasi Kebijakan Diversifikasi Pangan Di Kabupaten Luwu Utara = Street Level Bureaucracy Capacity Development Network in The Implementation of Food Diversification Policy in North Luwu District


Iskandar, Didik (2023) Jaringan Pengembangan Kapasitas Street Level Bureaucracy Dalam Implementasi Kebijakan Diversifikasi Pangan Di Kabupaten Luwu Utara = Street Level Bureaucracy Capacity Development Network in The Implementation of Food Diversification Policy in North Luwu District. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E013191001_disertasi_14-05-2024 cover1.png

Download (148kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E013191001_disertasi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E013191001_disertasi_14-05-2024 dp.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E013191001_disertasi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2026.

Download (18MB)

Abstract (Abstrak)

DIDIK ISKANDAR. JARINGAN PENGEMBANGAN KAPASITAS STREET LEVEL BUREAUCRACY DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DIVERSIFIKASI PANGAN DI KABUPATEN LUWU UTARA (Dibimbing oleh Alwi, Muhammad Farid dan Gita Susanti).
Kebijakan diversifikasi pangan penting untuk mendorong penganekaragaman konsumsi masyarakat ditengah isu krisis pangan.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi jaringan pengembangan kapasitas street level bureaucracy dalam implementasi kebijakan diversifikasi pangan di kabupaten luwu utara.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dipilih untuk menjelaskan fenomena penelitian sesuai dengan konteksnya. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Informan penelitian adalah para pemangku kepentingan yang terlibat dalam kebijakan diversifikasi pangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi kebijakan diversifikasi pangan tidak efektif. Pertukaran sumberdaya dilakukan antar pemangku kepentingan akan tetapi jumlah sumberdaya yang dipertukarkan terbatas, selain itu ketimpangan sumberdaya antar aktor menjadi dinamika dalam implementasi kebijakan diversifikasi pangan. Adapun struktur jaringan menunjukkan dominasi pemerintah sebagai leading sector dan berperan sebagai pemimpin dalam struktur jaringan, sedangkan pemangku kepentingan lain berperan sebagai partisipan.

Kata Kunci : Jaringan Pengembangan Kapasitas, Street Level Bureaucracy, implementasi kebijakan

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Capacity building network, Street level bureaucracy, Policy implementation
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jul 2024 00:15
Last Modified: 02 Jul 2024 00:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34886

Actions (login required)

View Item
View Item