Implementasi Program Dana Desa di Kabupaten Wajo = Village Fund Program Implementation in Wajo Regency


Ruslimin, Ruslimin (2024) Implementasi Program Dana Desa di Kabupaten Wajo = Village Fund Program Implementation in Wajo Regency. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E013181007_disertasi_14-05-2024 cover1.png

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E013181007_disertasi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E013181007_disertasi_14-05-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E013181007_disertasi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Ruslimin. Implementasi Program Dana Desa di KabupatenWajo (dibimbing oleh Mohamad Thahir Haning, Badu Achmad, Gita Susanti).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis isi kebijakan (content of policy) dan lingkungan kebijakan (context of implementation) implementasi kebijakan dana desa di Kabupaten Wajo, mendeskripsikan dan menganalisis dampak implementasi kebijakan dana desa di KabupatenWajo serta mendeskripsikan dan menemukan model implementasi kebijakan yang relevan dengan studi implementasi kebijakan dana desa di KabupatenWajo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, telaah dokumen dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa sasaran utama dari implementasi kebijakan adalah: isi kebijakan: pertama terpenuhinya kebutuhan masyarakat melalui sejumlah program diantaranya pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa, kedua meningkatkan pemberdayaan ekonomi lokal, penciptaan akses transportasi lokal kewilayah pertumbuhan, tiga mewujudkan kemandirian masyarakat dan menciptakan desa-desa mandiri dan berkelanjutan, lingkungan kebijakan, proses implementasi belum berhasil memenuhi kebutuhan kelompok sasaran disebabkan terbatasnya kekuasaan dan kewenangan yang dimiliki oleh implementor (kepaladesa), tidak adanya ruang bagi implementor melakukan perubahan dan penyesuaian terhadap situasi lingkungan dimana kebijakan diterapkan, rendahnya sumberdaya yang dimiliki oleh implementor tidak sebanding dengan kuatnya arus kepentingan masyarakat dalam masalah program dana desa juga menjadi penyebab gagalnya manfaat kebijakan didistribusikan secara adil dan merata. Dampak dana desa menunjukkan pengaruh positif terhadap peningkatan kemandirian desa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan status desa, secara nasional program dana desa memberi dampak positif terhadap perbaikan kesejahteraan masyarakat desa, meningkatkan lapangan kerja, mengentaskan masyarakat desa dari kemiskinan dan mengatasi kesenjangan masyarakat di perdesaan. Model yang direkomendasikan menjadi lebih optimal
yaitu berkreasi dan berinovasi kepada pengambil keputusan (policy maker) ditingkat lokal untuk mencari kebijakan alternatif, selanjutnya Inovatif kepada implementor tingkat bawah untuk mengadaptasi kebijakan yang akan dijalankan sesuai dengan kondisi lingkungan kebijakan tapi dilaksanakan secara bertanggungjawab dan berorientasi pada hasil yang diharapkan.

Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Kebijakan, Dana Desa

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Policy Implementation, Policy, Village fund.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:34
Last Modified: 28 Jun 2024 06:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34885

Actions (login required)

View Item
View Item