EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM STUNTING DI UPTD PUSKESMAS BATU-BATU KECAMATAN MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG = EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTING THE STUNTING PROGRAM IN UPTD PUSKESMAS BATU-BATU DISTRICT MARIORIAWA SOPPENG DISTRICT


Putry, Naqila (2024) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM STUNTING DI UPTD PUSKESMAS BATU-BATU KECAMATAN MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG = EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTING THE STUNTING PROGRAM IN UPTD PUSKESMAS BATU-BATU DISTRICT MARIORIAWA SOPPENG DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011201040_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011201040_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (16MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011201040_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011201040_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2026.

Download (33MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa Efektivitas Dari Program Penurunan Stunting Di UPTD Puskesmas Batu-Batu Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng dilihat dari beberapa indikator yaitu indicator Ketepatan Sasaran Program, Sosialisasi Program, Tujuan Program, dan Pemantauan Program. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder. Adapun data yang diperoleh dari hasil penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumen yang berhubungan dengan penelitian tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Efektivitas Program Stunting di UPTD Puskesmas Batu-Batu Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng kurang efektif karena masih ada yang belum memenuhi beberapa indikator yang diinginkan dilihat dari aspek 1) Ketepatan Sasaran yaitu, program yang dilaksanakan di Puskesmas Batu-Batu sudah tepat sasaran dimana pada saat pelasanaan programnya yang terlibat ikut adalah anak yang memang memiliki kasus stunting. 2) Sosialisasi Program, dalam program tersebut sudah terpenuhi karena memang sebelum melaksanakan program stunting, pihak Puskesmas Batu-Batu mengadakan sosialisasi sehingga kegiatan yang dilakukan telah dipahami dengan baik meskipun ada beberapa masyarakat yang masih kurang paham, namun pihak Puskesmas Batu-Batu tetap berusaha memberikan arahan maupun pemahaman kepada masyarakat terkait pelaksanaan program stunting tersebut. 3) Tujuan Program, belum sepenuhnya tercapai dengan tujuan program yang telah direncanakan sebelumnya, karena terdapat kendala anggaran yang kurang sehingga target Nasional 14% belum tercapai tetapi selama pelaksanaan program berjalan angka stunting di Puskesmas Batu-Batu sudah menurun tapi angkanya masih terbilang tinggi. 4) Pemantauan Program, Selama pelaksanaan program stunting ini dijalankan, pihak Puskesmas melakukan pemantauan yang cukup baik dengan mendatangi rumah masyarakat yang memiliki anak stunting dan di pantau pada saat kegiatan posyandu di setiap desa.

Keywords : Efektivitas, Stunting, Program Penurunan Stunting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Stunting, Stunting Reduction Program.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:05
Last Modified: 28 Jun 2024 06:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34863

Actions (login required)

View Item
View Item