IMPLEMENTASI METODE TEACH BACK DALAM HEALTH COACHING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PASIEN TERHADAP PENGENDALIAN HIPERTENSI


Letlora, Grace Marlin (2023) IMPLEMENTASI METODE TEACH BACK DALAM HEALTH COACHING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PASIEN TERHADAP PENGENDALIAN HIPERTENSI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R014221024_skripsi_20-02-2024 Bab 1- Bab 2.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R014221024_skripsi_20-02-2024 Cover1.jpg

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
R014221024_skripsi_20-02-2024 Dapus.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R014221024_skripsi_20-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)

Abstract (Abstrak)

Grace Marlin Letlora. R014221024. IMPLEMENTASI METODE TEACH BACK
DALAM HEALTH COACHING UNTUK MENINGKATKAN
PENGETAHUAN PASIEN TERHADAP PENGENDALIAN HIPERTENSI,
dibimbing oleh Silvia Malasari dan Andi Masyitha Irwan.
Latar belakang: Penyakit hipertensi merupakan salah satu penyebab morbiditas
tertinggi di dunia. Hipertensi bisa menjadi penyakit yang sangat berbahaya jika
penderita tidak mengontrolnya karena jika terjadi dalam waktu yang sangat lama
maka akan dapat menimbulkan terjadinya komplikasi. Maka dari itu, perlu
pemahaman dan pengetahuan yang baik terkait dengan pengendalian hipertensi.
Health coaching telah dikenal sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan
pemahaman dan pematuhan pasien. Salah satu metode yang sering digunakan dalam
health coaching adalah metode Teach Back. Teach back merupakan metode
komunikasi yang digunakan untuk membantu individu mengingat dan mengerti
informasi penting yang telah disampaikan terkait diagnosis, perawatan, atau
pengobatan.
Tujuan: Untuk mengetahui penerapan implementasi metode teach back dalam health
coaching dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pasien terhadap
pengendalian hipertensi.
Metode: Metode yang digunakan adalah pendekatan studi kasus dengan
menggunakan penelitian kualitatif. Pengambilan data pada kasus ini dilakukan
dengan observasi dan wawancara.
Hasil: Selama dilakukan kunjungan sebanyak 6 kali dengan menerapkan health
coaching, dimana pada kunjungan ke-1 dan ke-2, klien belum mengetahui secara
pasti terkait pengendalian hipertensi. Namun setelah diberikan edukasi pada
kunjungan ke-3 dan diakhir kunjungan, klien sudah dapat mengerti dan dapat
menjelaskan kembali menggunakan bahasanya sendiri mengenai pengendalian
hipertensi. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan sebelum dan
setelah diberikan edukasi menggunakan metode health coaching.
Kesimpulan: Penerapan implementasi metode teach back dalam health coaching
dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pasien serta dapat membantu
pasien dalam pengambilan keputusan dan pengobatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Health coaching, teach back, pengendalian hipertensi.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Profesi Fisioterapi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 28 Jun 2024 05:20
Last Modified: 28 Jun 2024 05:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34853

Actions (login required)

View Item
View Item