Kualitas Pelayanan Kepengurusan Administrasi Kependudukan Pada Kantor Kecamatan Makassar Di Kota Makassar = Service Quality Population Administration Management at the Makassar District Office in Makassar City


Matovani, Natasya (2024) Kualitas Pelayanan Kepengurusan Administrasi Kependudukan Pada Kantor Kecamatan Makassar Di Kota Makassar = Service Quality Population Administration Management at the Makassar District Office in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E011191082_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (140kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011191082_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (989kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191082_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191082_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Natasya Matovani (E011191082). Kualitas Pelayanan Kepengurusan Administrasi Kependudukan Pada Kecamatan Makassar Di Kota Makassar. xiv + 80 Halaman + 2 Gambar + 2 Tabel + 37 Daftar Pustaka + Lampiran. Dibimbing oleh Badu Ahmad dan Nelman Edy. Kualitas pelayanan merupakan sebuah ukuran seberapa bagus tingkat pelayanan yang diberikan mampukah sesuai dengan ekspetasi masyarakat, yang mana kualitas pelayanan dapat terpenuhi dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan, serta ketetapan penyampaian sehingga dapat mengimbangi harapan masyarakat. Untuk mengetahui kualitas pelayanan tersebut perlu diperhatikan pelayanan yang diberikan oleh pemberi kepada penerima pelayanan, yang mana pelayanan publik sendiri diartikan sebagai suatu kegiatan pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Salah satunya kepengurusan administrasi kependudukan ini, dimana administrasi kependudukan menjadi sangat penting bagi setiap masyarakat yang berada baik dalam kota maupun negerinya sendiri, dikarenakan hal tersebut sebagai identitas warga masyarakat setempat.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Kualitas Pelayanan Kepengurusan Administrasi Kependudukan Pada Kecamatan Makassar Di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif deskriptif untuk memperoleh gambaran informasi yang menyeluruh. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi lapangan, dan studi pustaka terhadap dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Kepengurusan Administrasi Kependudukan Pada Kecamatan Makassar Di Kota Makassar jika analisis menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan menurut Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1988) yaitu Tangibles (bukti fisik/berwujud), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), serta Empathy (empati) sebenarnya berjalan cukup baik, akan tetapi masih banyak yang perlu diperbaiki maupun ditingkatkan dari proses pelayanan yang diberikan tersebut.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quality of Service, Public Administration
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:16
Last Modified: 01 Jul 2024 01:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34846

Actions (login required)

View Item
View Item