STRATEGI PENINGKATAN VALUE CREATION PADA USAHA KLINIK KECANTIKAN DAN SKINCARE (STUDI KASUS PADA ALISA SKIN CLINIC) = VALUE CREATION ENHANCEMENT STRATEGY IN BEAUTY AND SKINCARE CLINIC BUSINESS (CASE STUDY AT ALISA SKIN CLINIC)


Trisusanti, Nila (2024) STRATEGI PENINGKATAN VALUE CREATION PADA USAHA KLINIK KECANTIKAN DAN SKINCARE (STUDI KASUS PADA ALISA SKIN CLINIC) = VALUE CREATION ENHANCEMENT STRATEGY IN BEAUTY AND SKINCARE CLINIC BUSINESS (CASE STUDY AT ALISA SKIN CLINIC). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222097_tesis_30-04-2024 cover1.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222097_tesis_30-04-2024 1-2.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222097_tesis_30-04-2024 dp.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222097_tesis_30-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

NILA TRISUSANTI. Strategi Peningkatan Value Creation Pada Usaha Klinik Kecantikan dan Skincare (Studi Kasus Pada Alisa Skin Clinic). Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (dibimbing oleh Arifuddin dan Fauziah Umar).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui strategi peningkatan value creation yang tepat pada Alisa Skin Clinic dengan analisis SWOT, Five Forces Porter, dan PESTEL. Penelitian ini dilakukan di Alisa Skin Clinic dengan melakukan wawancara langsung pada pemilik dan pelanggan tetap Alisa Skin Clinic. Penelitian ini juga mengambil sumber informasi melalui studi kepustakaan. Data hasil wawancara dan studi kepustakaan di analisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis SWOT, Five Forces Porter, dan PESTEL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan analisis SWOT diketahui strategi utamanya yaitu SO (Strength-Opportunities) menekankan pemanfaatan media sosial, diversifikasi layanan, pengembangan layanan ramah lingkungan, dan optimalisasi kualitas layanan melalui teknologi canggih. Analisis Five Forces Porter mengusulkan strategi diferensiasi dan inovasi produk, membangun merek yang kuat, menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan pemasok, memberikan produk dan layanan terbaik, meningkatkan pemahaman tentang produk pengganti, menerapkan strategi pemasaran efektif, serta menyediakan informasi harga yang transparan, Hasil analisis PESTEL menunjukkan perlunya penerapan strategi harga fleksibel, pemanfaatan tren kecantikan melalui media sosial, peningkatan sistem teknologi, penguatan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan, menjaga kepatuhan terhadap regulasi, penyesuaian penawaran produk dengan preferensi konsumen, dan pemantauan kebijakan pemerintah.

Keywords : SWOT, Five Forces Porter, PESTEL, Value Creation, Strategi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: SWOT, Five forces porter, PESTEL, Value creation, Strategi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:29
Last Modified: 28 Jun 2024 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34786

Actions (login required)

View Item
View Item