STRATEGI BISNIS PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK SMELTER NIKEL PADA PT. HUADI NICKEL ALLOY INDONESIA = BUSINESS STRATEGY TO INCREASE THE COMPETITIVENESS OF NICKEL SMELTER PRODUCTS AT PT. HUADI NICKEL ALLOY INDONESIA


Qadri, Nuzul (2024) STRATEGI BISNIS PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK SMELTER NIKEL PADA PT. HUADI NICKEL ALLOY INDONESIA = BUSINESS STRATEGY TO INCREASE THE COMPETITIVENESS OF NICKEL SMELTER PRODUCTS AT PT. HUADI NICKEL ALLOY INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222095_tesis_30-04-2024 cover1.png

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222095_tesis_30-04-2024 1-2.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222095_tesis_30-04-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222095_tesis_30-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

NUZUL QADRI. Strategi Bisnis Peningkatan Daya Saing Produk Smelter Nikel Pada PT. Huadi Nickel-Alloy Indonesia. Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (dibimbing oleh Muh. Yunus Amar dan Wahda).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada PT. Huadi Nickel-Alloy Indonesia (HNI) serta menemukan strategi bisnis terbaik yang dapat diterapkan PT. HNI Indonesia dalam rangka meningkatkan daya saing produk guna menghadapi era mobil listrik dan pengendalian dampak slag nickel. Penelitian ini dilakukan di PT. HNI dengan melakukan wawancara langsung pada direktur dan manajer bidang. Penelitian ini juga mengambil sumber informasi melalui studi kepustakaan. Data hasil wawancara dan studi kepustakaan di analisis dengan pendekatan kualitatif menggunakan analisis Five Forces Porter, PESTEL, dan SWOT dan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis EFE, IFE, IE, dan QSPM. Hasil analisis menunjukkan PT. HNI memiliki 15 kekuatan, 10 kelemahan, 12 peluang dan 8 ancaman. PT. HNI berada pada kuadran V yang menggambarkan perusahaan berada pada posisi hold and maintain. Strategi yang direkomendasikan pada perusahaan yang berada pada kuadran tersebut adalah strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar. Terdapat 23 strategi alternatif hasil dari formulasi menggunakan matriks SWOT. Dari hasil matriks QSPM diambil 5 strategi alternatif terbaik untuk direkomendasikan kepada PT. HNI.

Keywords : Five Forces Porter, PESTEL, SWOT, Matriks IE, QSPM.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Porter's Five Forces, PESTEL, SWOT, IE Matrix, QSPM.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:28
Last Modified: 28 Jun 2024 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34783

Actions (login required)

View Item
View Item