Nurmalawati, Nurmalawati (2024) Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap dengan Kepercayaan Pasien Sebagai Variabel Intervening. (Studi Kasus di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Kota Makassar) = The Influence Of The Quality Of Hospital Services And Facilities On Inpatient Satisfaction With Patient Trust As An Intervening Variable (Case Study At Hasanuddin University Hospital Makassar City). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
A012221046_tesis_14-05-2024 cover1.png
Download (153kB) | Preview
A012221046_tesis_14-05-2024 1-2.pdf
Download (1MB)
A012221046_tesis_14-05-2024 dp.pdf
Download (236kB)
A012221046_tesis_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Kebutuhan masyarakat akan layanan medis yang memadai di tengah padatnya rangkaian aktivitas sehari-hari memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan dalam kehidupan dan telah menggeser kebutuhan perlindungan kesehatan menjadi kebutuhan utama dalam hidup. oleh sebab itu, masyarakat dapat menjaga kesehatannya dengan mempercayakan layanan medisnya kepada Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar, yang di dukung oleh layanan yang berkualitas, mampu memberikan peningkatan kepercayaan dan kepuasan pasien terutama bagi pasien yang sedang memanfaatkan layanan medis di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar. pemilihan responden dilakukan secara acak dengan teknik simple random samplingsebanyak seratus pasien. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis structural equation modellin (SEM) yang dioperasikan melalui smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhaadap kepuasan pasien, kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan pasien, fasilitas rumah sakit berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan pasien, fasilitas rumah sakit berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien, kepercayaan pasien berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien. Terdapat pengaruh tidak langsung kualitas layanan terhadap kepuasan pasien melalui kepercayaan pasien dan terdapat pengaruh tidak langsung fasilitas rumah sakit terhadap kepuasan pasien melalui kepercayaan pasien.
Keywords : Kualitas Layanan, Fasilitas Rumah Sakit, Kepercayaan Pasien, Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service quality, Hospital facilities, Trust, Patients'satisfaction. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 01:26 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 01:26 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34776 |