PERSEPSI MASYARAKAT PERDESAAN TERHADAP PASAR MODERN. (STUDI KASUS MINIMARKET INDOMARET DI KECAMATAN LAROMPONG, KABUPATEN LUWU, PROVINSI SULAWESI SELATAN).


Nurpitrah, Nurpitrah (2021) PERSEPSI MASYARAKAT PERDESAAN TERHADAP PASAR MODERN. (STUDI KASUS MINIMARKET INDOMARET DI KECAMATAN LAROMPONG, KABUPATEN LUWU, PROVINSI SULAWESI SELATAN). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
G21115032_skripsi cover.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
G21115032_skripsi 1-2.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
G21115032_skripsi dp.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
G21115032_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak
Pasar merupakan mata rantai yang menghubungkan produsen
dengan konsumen dan merupakan tempat pertemuan antara penjual dan
pembeli, antara dunia usaha dan konsumen. Pasar memainkan peranan
yang sangat penting dalam perekonomian modern, karena harga-harga
terbentuk di pasar. Sehingga dapat dikatakan bahwa pasar merupakan
penentu dalam kehidupan perekonomian di berbagai daerah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen yang berbelanja di
pasar modern, mengetahui persepsi masyarakat pedesaan dalam
memanfaatkan pasar modern dan mengetahui faktor –faktor yang
mempengaruhi konsumen untuk berbelanja di pasar modern. Penelitian ini
dilakukan di Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi
Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang
berbelanja di minimarket Indomaret sebagian besar berjenis kelamin
perempuan, berumur 16-25 tahun, tingkat pendidikan SMA, tidak bekerja
(pelajar dan ibu rumah tangga), tingkat pendapatan <Rp 1.000.000, serta
jarak tempat tinggal <1 km dari Indomaret. Persepsi konsumen terhadap
minimarket Indomaret berdasarkan penilaian tampakan minimarket,
penilaian terhadap pegawai/petugas minimarket, dan penilaian terhadap
jenis barang yang dijual di minimarket Indomaret dinilai baik dengan ratarata penilaian masing-masing 52,08%, 61,52%, dan 49,17%. Adapun
faktor –faktor berbelanja di minimarket Indomaret yang memiliki rangking
tertinggi yaitu alasan kenyamanan dengan persentase 82,50%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Masyarakat Pedesaan, Pasar Modern
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 18 Mar 2021 00:37
Last Modified: 18 Mar 2021 00:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item
View Item