PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE, ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN ISLAMIC ETHICAL IDENTITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)


Marsuni, Nur Sandi (2024) PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE, ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN ISLAMIC ETHICAL IDENTITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
A062212007_tesis_15-03-2024 cover1.png

Download (159kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062212007_tesis_15-03-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062212007_tesis_15-03-2024 dp.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062212007_tesis_15-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

NUR SANDI MARSUNI. Pengaruh Islamic Corporate Governance, Islamic Corporate Social Responsibility, dan Islamic Ethical Identity Terhadap Kinerja keuangan dan Nilai Perusahaan (dibimbing oleh Gagaring Pagalung dan Darwis Said) Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak Islamic Corporate Governance (ICG), Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR), dan Islamic Ethical Identity (IEI) terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan di sektor perbankan syariah Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, melibatkan 8 dari 13 syariah sebagai sampel. Data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dari website perusahaan dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ICG memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan, sebagaimana terlihat dari nilai signifikansi sebesar 0.031 dan t hitung sebesar 2.307. ICG memberikan kontribusi positif terhadap kinerja keuangan dengan membangun kepercayaan dan stabilitas. Seiring dengan itu, pengaruh ICSR juga signifikan (0.002, t hitung 3.620), termanifestasi melalui upaya keberlanjutan, tanggung jawab sosial, dan penciptaan citra positif. Namun, IEI tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan (0.612, t hitung 0.515). Temuan ini mencerminkan kompleksitas faktor-faktor yang memengaruhi kinerja keuangan bank syariah. Secara keseluruhan, ICG, ICSR, dan IEI memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Signifikansi dalam uji kinerja keuangan dan dampaknya terhadap nilai perusahaan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang baik dapat meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini menyoroti pentingnya integrasi praktik syariah dan tanggung jawab sosial untuk meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan. Implikasi temuan ini memberikan panduan bagi perusahaan syariah dalam meningkatkan tata kelola, tanggung jawab sosial, dan pemahaman terhadap nilai-nilai etika Islam demi mencapai kinerja dan nilai perusahaan yang optimal. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam konteks pengembangan praktik perbankan syariah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Islamic Corporate Governance, Islamic Corporate Social Responsibility, Islamic Ethical Identity, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:20
Last Modified: 27 Jun 2024 06:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34660

Actions (login required)

View Item
View Item