PERAN PENYULUH TERHADAP PRODUKTIVITAS USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT DI KELURAHAN PUNDATA BAJI, KABUPATEN PANGKEP = THE ROLE OF EXTENSION WORKERS IN THE PRODUCTIVITY OF SEAWEED CULTIVATION BUSINESSES IN PUNDATA BAJI VILLAGE, PANGKEP REGENCY


Marhamah, St. Khumairah (2024) PERAN PENYULUH TERHADAP PRODUKTIVITAS USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT DI KELURAHAN PUNDATA BAJI, KABUPATEN PANGKEP = THE ROLE OF EXTENSION WORKERS IN THE PRODUCTIVITY OF SEAWEED CULTIVATION BUSINESSES IN PUNDATA BAJI VILLAGE, PANGKEP REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041201056_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041201056_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041201056_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041201056_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 June 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penyuluhan merupakan upaya untuk memberikan pengetahuan, informasi, dan keterampilan kepada individu maupun kelompok dengan tujuan membentuk perilaku dan sikap yang sesuai dengan tujuan tertentu. Produktivitas budidaya rumput laut yang rendah mengacu pada keterbatasan produksi yang dihasilkan yang berdampak pada pendapatan pembudidaya rumput laut. Dalam hal ini penyuluhan perikanan merupakan faktor yang penting dalam mewujudkan tujuan pembangunan bidang perikanan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran penyuluh, produktivitas usaha budidaya dan korelasi peran penyuluh dengan produktivitas pada usaha budidaya rumput laut di Kelurahan Pundata Baji, Kabupaten Pangkep. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2023 yang berlokasi di Kelurahan Pundata Baji, Kabupaten Pangkep. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sebanyak 23 pembudidaya rumput laut dan 1 tenaga penyuluh perikanan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa peran penyuluh perikanan dalam meningkatkan produktivitas usaha budidaya rumput laut di Kelurahan Pundata Baji melibatkan tiga aspek utama yaitu dalam pendampingan pada aspek penyuluhan perikanan, penyuluh membantu para pembudidaya rumput laut dengan memberikan bimbingan untuk mendapatkan peralatan budidaya dan mengakses layanan dari dinas perikanan, dalam hal penyampaian informasi, penyuluh perikanan menyebarkan informasi dan inovasi terkait teknologi budidaya rumput laut. Dan sebagai motivator, penyuluh memberikan dukungan untuk meningkatkan produksi budidaya rumput laut dengan memberikan saran dan masukan, sehingga pembudidaya dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan alat budidaya dari pemerintah. Nilai produktivitas usaha budidaya rumput laut di Kelurahan Pundata Baji yaitu sebesar 1,57 juta rupiah artinya bahwa setiap penggunaan input total sebesar 1 juta rupiah menghasilkan output total sebesar 1,57 juta rupiah. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa usaha ini berjalan dengan tingkat produktivitas yang baik. Peran penyuluh dengan peningkatan produktivitas usaha budidaya rumput laut di Kelurahan Pundata Baji terdapat hubungan yang signifikan dari hasil analisis chi square.

Keywords : Peran Penyuluh, Produktivitas, Korelasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role of Extension Officer, Productivity, Correlation
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:42
Last Modified: 26 Jun 2024 07:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34616

Actions (login required)

View Item
View Item