PERAN PUSAT PENDARATAN IKAN (PPI) PONTAP TERHADAP PEMASARAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI KOTA PALOPO, SULAWESI SELATAN = THE ROLE OF THE PONTAP FISH LANDING CENTER (PPI) IN MARKETING THE PRODUCTS OF FISHERMEN'S CATCH IN PALOPO CITY, SOUTH SULAWESI


Ananda, Dhea Putri (2024) PERAN PUSAT PENDARATAN IKAN (PPI) PONTAP TERHADAP PEMASARAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI KOTA PALOPO, SULAWESI SELATAN = THE ROLE OF THE PONTAP FISH LANDING CENTER (PPI) IN MARKETING THE PRODUCTS OF FISHERMEN'S CATCH IN PALOPO CITY, SOUTH SULAWESI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041201054_skripsi_13-03-2024 cover1.png

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041201054_skripsi_13-03-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041201054_skripsi_13-03-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041201054_skripsi_13-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 June 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Pontap sebagai tempat mencatat hasil tangkapan, tempat berlabuhnya kapal, tempat bongkar muat hasil tangkapan, tempat pemasaran hasil tangkapan, dan tempat pembinaan mutu hasil perikanan, di Kota Palopo, Sulawesi Selatan dan berapa besar efisiensi pemasaran yang ada di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Pontap Kota Palopo. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober-November 2023 yang bertempat di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Pontap Kota Palopo. Penentuan responden menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 46 responden. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder kemudian diolah menggunakan skala likert, biaya pemasaran, margin pemasaran, dan efisiensi pemasaran. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa peran pusat pendaratan ikan sebagai tempat mencatat hasil tangkapan sudah sangat berperan yaitu dengan melakukan pencatatan dengan melibatkan langsung petugas pencatatan di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Pontap, sehingga dapat memastikan akurasi dan ketepatan data mengenai hasil tangkapan. Fasilitas yang disediakan seperti tempat berlabuh, penyediaan perbekalan, dan tempat istirahat ini telah memenuhi kebutuhan nelayan untuk kelancaran operasional. Pendataan bongkar muat per trip dan pemisahan hasil tangkapan sesuai jenis telah dilakukan di PPI Pontap. Pusat pendaratan ikan juga berperan sebagai pusat pemasaran hasil tangkapan, yang memungkinkan penjualan yang lebih efisien karena pemasaran dapat dilakukan secara langsung di dalam PPI itu sendiri serta dapat melibatkan pasar di luar daerah dan nilai efisensi pemasaran pada lembaga pemasaran di Pusat Pendaratan Ikan Pontap Kota Palopo yaitu sebesar 0,038%, hal ini dapat dilihat bahwa pemasaran di Pusat Pendaratan Ikan Pontap Kota Palopo berjalan efisien.

Keywords : Peran, Pusat Pendaratan Ikan, Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role, Fish Landing Center, Marketing
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:27
Last Modified: 27 Jun 2024 01:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34615

Actions (login required)

View Item
View Item