THE ROLE OF ZAKAT ON ECONOMIC DEVELOPMENT AMONG JORDANIAN COUNTRY


Qudah, Mohammad Radwan Mohammad (2023) THE ROLE OF ZAKAT ON ECONOMIC DEVELOPMENT AMONG JORDANIAN COUNTRY. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
A033211016_disertasi_24-01-2024 cover1.png

Download (93kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A033211016_disertasi_24-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A033211016_disertasi_24-01-2024 dp.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A033211016_disertasi_24-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK MOHAMMAD RADWAN MOHAMMAD QUDAH. Peran Zakat pada Pertumbuhan Ekonomi di Negara Yordania (dibimbing oleh Abdul Razak Munir, Muhammad Sobarsyah dan Sabbar Dahham Sabbar). Zakat, sebuah aspek penting dalam Islam, mempunyai peran ganda dalam mendorong distribusi kekayaan, stabilitas sosial dan pertumbuhan inklusif, Yordania menghadapi ketidakstabilan ekonomi pada akhir tahun 1980an, mencapai puncak tingkat inflasi sebesar 25,6% pada tahun 1989. Tindakan perbaikan menjaga inflasi tetap pada kisaran 4% hingga tahun 2008, dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti fluktuasi harga minyak dan pangan, krisis keuangan global, dan permintaan yang berubah-ubah. Sedangkan dampak inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi masih dapat diperdebatkan. Kebijakan zakat bertujuan mengentaskan kemiskinan, mengurangi kesenjangan kekayaan, dan mendorong pembangunan ekonomi, yang sangat penting dalam mengatasi masalah kemiskinan dan kesenjangan di Yordania. Pertumbuhan ekonomi bergantung pada distribusi kekayaan yang adil melalui zakat Penelitian terbatas mengenai dampak zakat, Yordania menghadapi penurunan pendapatan, pengangguran, dan biaya hidup yang tinggi. Studi kuantitatif tentang pembangunan ekonomi di kalangan Masyarakat Yordania yang berpenghasilan rendah di wilayah tengah, menggunakan kuesioner skala Likert dengan 400 peserta lokal. Ukuran sampel melebihi 375 yang direkomendasikan untuk penelitian yang kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis faktor konfirmatori (CFA) mengkonfirmasi validitas model bahwa zakat berdampak pada kemiskinan, distribusi kekayaan, pengangguran, situasi ekonomi, dan peningkatan ekonomi, yang dimediasi oleh kepekaan atas kemiskinan. Selain itu, inflasi juga memediasi secara parsial memediasi hubungan antara zakat dan faktor-faktor tersebut. seperti yang dikonfirmasi oleh ketergantungan pada faktor- faktor tersebut.(bootstrap). Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menggarisbawahi pentingnya mengendalikan inflasi dan memanfaatkan zakat untuk kesejahteraan finansial yang berkelanjutan. Zakat secara tidak langsung meningkatkan pembangunan ekonomi, membantu pengentasan kemiskinan, distribusi kekayaan, penciptaan lapangan kerja, dan perbaikan ekonomi. Zakat berdampak positif terhadap pembangunan ekonomi dan praktik keuangan, menekankan perannya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini mengkaji zakat, inflasi, dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi. Penelitian ini menawarkan wawasan teoretis bagi bangsa-bangsa Arab, pertimbangan metodologis untuk survei, dan saran-saran praktis untuk meningkatkan peran Zakat dalam perbaikan perekonomian. Tantangannya mencakup kepekaan INF dan kendala peraturan, dengan fokus utama pada Yordania. Studi ini merekomendasikan penerapan sistem zakat wajib yang dikendalikan pemerintah di Yordania, dengan menekankan peran pemerintah dalam pengumpulan dan distribusinya. Hal ini juga mendorong pendidikan dan kesadaran tentang pentingnya Zakat.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: zakat, Inflasi, pembangunan ekonomi, distribusi kekayaan, kemiskinan, dan zakat yang dikendalikan pemerintah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:05
Last Modified: 25 Jun 2024 07:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34551

Actions (login required)

View Item
View Item