Analisis Implementasi Kebijakan Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular di Wilayah Kerja Puskesmas Kapasa Kota Makassar = Analysis Of Policy Implementation Of The Integrated Development Post Program For Non-Communicable Diseases In The Work Area Of The Kapasa Community Health Center Makassar City


Pongsapan, Novitayanti (2024) Analisis Implementasi Kebijakan Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular di Wilayah Kerja Puskesmas Kapasa Kota Makassar = Analysis Of Policy Implementation Of The Integrated Development Post Program For Non-Communicable Diseases In The Work Area Of The Kapasa Community Health Center Makassar City. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K052221008_tesis_01-04-2024 cover1.png

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K052221008_tesis_01-04-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K052221008_tesis_01-04-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K052221008_tesis_01-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

NOVITAYANTI PONGSAPAN. Analisis Implementasi Kebijakan Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular di Wilayah Kerja Puskesmas Kapasa Kota Makassar (Dibimbing oleh Darmawansyah dan Balqis).
Latar Belakang. Penyakit Tidak Menular dapat dicegah melalui Program Nasional berupa pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (POSBINDU PTM). Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan Program POSBINDU PTM di wilayah kerja Puskesmas Kapasa. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dianalisis dengan analisis isi (content analysis). Wawancara dilakukan dengan 8 informan di antaranya 3 informan kunci dan 5 informan pendukung. Hasil. penelitian komunikasi antar pelaksana dilakukan melalui sosialisasi, beberapa pelaksana kurang aktif, anggaran sudah tersedia dari DAK fisik maupun non fisik serta dana BOK namun fasilitas tempat dan peralatan pemeriksaan kesehatan belum tersedia. Terdapat SOP pada Program Posbindu PTM. Disposisi pelaksana kurang berkomitmen dalam melaksanakan program. Kesimpulan. Kegiatan sosialisasi pelaksana belum berjalan dengan baik sehingga belum tercapainya target cakupan dalam program yang disebabkan karena sumber daya manusia yang masih kurang baik dari segi kualitas maupun kuantitas serta alat dan fasilitas pemeriksaan kesehatan belum tersedia.

Keywords : POSBINDU PTM, Kebijakan, Standar Operasi Prosedur (SOP) pelaksana.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: POSBINDU NCDs, Policy, Implementing Standar Operating Prosedure (SOP).
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:36
Last Modified: 07 Jun 2024 06:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34543

Actions (login required)

View Item
View Item