Model Konseptual Employee engagement Pada Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia = Conceptual Model of Employee Engagement at State University Hospitals in Indonesia


Arifah, Nur (2024) Model Konseptual Employee engagement Pada Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia = Conceptual Model of Employee Engagement at State University Hospitals in Indonesia. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K013181019_disertasi_06-03-2024 cover1.png

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K013181019_disertasi_06-03-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K013181019_disertasi_06-03-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K013181019_disertasi_06-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 June 2026.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Employee engagement telah banyak digunakan dalam manajemen sumber daya manusia sebagai kunci untuk memotivasi dan mempertahankan karyawan agar dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja organisasi. Meskipun demikian, para akademisi dan praktisi mengkajinya dengan menggunakan pendekatan yang beragam seperti pendekatan psikologis dan perilaku organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun dan menghasilkan model konseptual employee engagement yang secara khusus dapat diimplementasikan pada RS Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) di Indonesia.
Penelitian dibagi menjadi dua tahap, yakni: (1) mengeksplorasi konstruk employee engagement menggunakan metode kualitatif dengan indepth interview terhadap praktisi RSPTN dan akademisi pengampu mata kuliah MSDM RS ; (2) memverifikasi model konseptual yang dihasilkan dari penelitian tahap pertama dengan menggunakan metode analisis faktor konfirmatori dari 365 sampel dengan tingkat signifikansi statistik pada ≥ 0,3 dan analisis jalur dengan model persamaan struktural.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model konseptual employee engagement RSPTN di Indonesia merupakan bidang kajian perilaku organisasi dan terdiri dari 6 dimensi yakni dimensi individu, dimensi pekerjaan, dimensi interaksi organisasi dan individu, dimensi organisasi, dimensi employee engagement, dan dimensi konsekuensi. Berdasarkan hasil pemodelan persamaan struktural disimpulkan bahwa dimensi employee engagement dipengaruhi oleh dimensi individu, dimensi pekerjaan, dan dimensi interaksi organisasi-individu, serta dimensi organisasi. Disarankan agar para pimpinan RSPTN melakukan advocacy pada Asosiasi RSPTN Indonesia dan Kemendikbudristek RI agar dapat diterbitkan kebijakan terkait status kelembagaan RSPTN.

Keywords : Employee engagement, individu, interaksi organisasi-individu, pekerjaan, RSPTN

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Employee engagement, individual, organization-individual interaction, work, RSPTN
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:40
Last Modified: 20 Jun 2024 06:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34492

Actions (login required)

View Item
View Item