Evaluasi Program Penanggulangan Bencana Banjir di Kota Parepare, Sulawesi Selatan = Evaluation of the Flood Disaster Management Program in Parepare City, South Sulawesi


Adziim, A. Muh. Faudzul (2024) Evaluasi Program Penanggulangan Bencana Banjir di Kota Parepare, Sulawesi Selatan = Evaluation of the Flood Disaster Management Program in Parepare City, South Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011191174_skripsi_27-03-2024 cover1.png

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011191174_skripsi_27-03-2024 1-2.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011191174_skripsi_27-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 June 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Kota Parepare merupakan salah satu kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang sering mengalami banjir ketika musim penghujan. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan sejumlah sungai meluap dan berdampak pada ratusan rumah warga. Tujuan: Mengevaluasi secara mendalam mengenai pelaksanaan program penanggulangan bencana banjir dari aspek input, proses, dan output. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Variabel penelitian dari aspek input yaitu sumber daya manusia, anggaran, sarana prasarana, dankebijakan, aspek proses, yaitu perencanaan dan manajemen SDM, pengorganisasian program, pelaksanaan program, serta aspek output, yaitu keberhasilan program. Sebanyak 16 informan ditetapkan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan metode analisis isi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek input, ketersediaan SDM, anggaran, dan sarana prasarana kesehatan telah mencukupi, tetapi sarana prasarana penanganan banjir belum mencukupi dan kebijakan khusus dari pemerintah daerah belum ada. Pada aspek proses menunjukkan bahwa SDM ditempatkan sesuai dengan keahliannya, rapat evaluasi dilakukan, kerja sama lintas sektor terjalin erat, SOP diterapkan, sosialisasi dan pelatihan terhadap masyarakat gencar dilakukan. Pada aspek output menunjukkan bahwa keberhasilan program sulit diukur karena kondisi geografis, prediksi alam yang tidak dapat dikontrol, serta akibat dari ulah manusia itu sendiri. Kesimpulan: Semakin berkualitas SDM, tercukupinya kuantitas sarana dan prasarana, anggaran, dan kebijakan, maka semakin maksimal pelaksanaan program penanggulangan bencana banjir di Kota Parepare. Perlu adanya perhatian dari pemerintah dalam pemenuhan sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan program penanggulangan bencana banjir di Kota Parepare.

Kata Kunci: Evaluasi Program, Banjir, Input, Proses, Output.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Evaluation, Flood, Input, Process, Output.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Jun 2024 05:59
Last Modified: 10 Jun 2024 05:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34424

Actions (login required)

View Item
View Item