Literature Review : Penggunaan Hidroksiapatit Pada Preservasi Soket Dalam Mencegah Resorpsi Tulang Alveolar Pasca Pencabutan Gigi = Literature Review : Use of Hydroxyapatite Graft in Socket Preservation in Preventing Alveolar Bone Resorption After Tooth Extraction


Isa, Nazhifa Khaleda (2023) Literature Review : Penggunaan Hidroksiapatit Pada Preservasi Soket Dalam Mencegah Resorpsi Tulang Alveolar Pasca Pencabutan Gigi = Literature Review : Use of Hydroxyapatite Graft in Socket Preservation in Preventing Alveolar Bone Resorption After Tooth Extraction. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011201106_skripsi_15-02-2024 cover1.png

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011201106_skripsi_15-02-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011201106_skripsi_15-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011201106_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 proporsi tindakan pencabutan gigi di Indonesia adalah sebesar 7,9% dari jenis tindakan untuk mengatasi masalah gigi dan mulut. Pencabutan gigi akan meninggalkan bekas luka pada jaringan sekitar soket dan tulang alveolar akan mengalami resorpsi. Preservasi soket adalah prosedur yang dilakukan untuk mengurangi proses kehilangan tulang setelah pencabutan gigi. Preservasi soket dengan bone graft dapat menjadi solusi untuk menjaga dimensi dan kontur ridge alveolar. Hidroksiapatit merupakan salah satu bahan bone graft yang mampu menginduksi dan menstimulasi sel-sel punca dan osteoblas untuk berproliferasi dan diferensiasi dalam proses regenerasi tulang. Tujuan: Mengetahui pengaruh/peran penggunaan hidroksiapatit graft pada preservasi soket dalam mencegah resorpsi tulang. Metode: Jenis penelitian ini adalah Literature Review. Adapun langkahnya yaitu mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi dari beberapa sumber yang berkaitan dengan topik studi, melakukan tinjauan literature dengan metode sintesis informasi dari literature atau jurnal yang dijadikan sebagai acuan. Hasil: Penggunaan Hidroksiapatit graft memberikan efek yang baik karena dapat membantu penyembuhan tulang, mencegah resorpsi tulang berlebihan dan membantu proses regenerasi tulang alveolar. Kesimpulan: Penggunaan hidroksiapatit graft maupun kombinasi hidroksiapatit dengan bahan lain pada soket pasca pencabutan gigi memiliki pengaruh dalam mencegah resorpsi tulang alveolar yang berlebihan yaitu dengan membantu mempercepat penyembuhan tulang, mengurangi kehilangan tulang alveolar pasca pencabutan dan membantu proses regenerasi tulang alveolar dibandingkan dengan soket bekas pencabutan gigi yang tidak diberikan hidroksiapatit.

Keywords : Hidroksiapatit Graft, Resorpsi Alveolar, Preservasi Soket, Bone Graft

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hydroxyapatite graft, Alveolar Resorption, Socket Preservation, Bone Graft
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > PPDGS - Bedah Mulut dan Maksilofasial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:46
Last Modified: 27 Jun 2024 01:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34379

Actions (login required)

View Item
View Item