PERANAN APARAT KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN KEJAHATAN PERJUDIAN SABUNG AYAM DI KABUPATEN WAJO (Studi Kasus Di Kepolisian Resort Wajo) = The Role of Police Officers in Combating Cockfighting Gambling Crimes in Wajo Regency (Case Study at Wajo Resort Police)


Sulastri, Evi (2024) PERANAN APARAT KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN KEJAHATAN PERJUDIAN SABUNG AYAM DI KABUPATEN WAJO (Studi Kasus Di Kepolisian Resort Wajo) = The Role of Police Officers in Combating Cockfighting Gambling Crimes in Wajo Regency (Case Study at Wajo Resort Police). Skripsi thesis, Universitas Hasqanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11116071_skripsi_27-12-2023 cover1.png

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11116071_skripsi_27-12-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11116071_skripsi_27-12-2023 dp.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11116071_skripsi_27-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

EVI SULASTRI (B11116071) dengan judul “Peranan Aparat Kepolisian Dalam Penanggulangan Kejahatan perjudian sabung ayam Di Kabupaten Wajo (Studi Kasus Di Kepolisian Resort wajo). Dibawah bimbingan Abd. Asis, sebagai pembimbing I dan Dara Indrawati. sebagai pembimbing II Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Wajo dengan memilih Kepolisian Resort wajo sebagai instansi yang berkaitan dengan judul penelitian yang dilakukan dengan mengambil data dari unit reskrim dan melakukan wawancara dengan pihak kepolisian yang menagani kasus-kasus tindak pidana khususnya tindak pidana perjudian. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan seseorang sehingga melakukan tindak pidana perjudian khususnya kejahatan perjudian sabung ayam, selain itu untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan pihak kepolisian dalam melakukan penanggulangan kejahatan perjudian sabung ayam yang terjadi di wilayah hukum Kepolisian Resort Wajo. Hasil penelitian yang didapatkan penulis yaitu, pertama faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana perjudian sabung ayan yang terjadi di Kabupaten Wajo yakni faktor hobby atau kebiasaan, faktor harga ayam yang mahal, faktor ekonomi, faktor lemahnya penegak hukum, faktor budaya, dan faktor lingkungan. Kedua, upaya-upaya yang dilakukan pihak Kepolisian Resort Wajo dalam melakukan penanggulangan kejahatan perjudian sabung ayam di Kabupaten Wajo yaitu upaya pre-emtif dengan melakukan penyuluhan, penyampaian ketempat umumdan membentuk bhabinkamtibmas, kemudian upaya preventif pihak Polres membentuk unit sabhara dan meningkatkan kegiatan patrol. Adapun upaya represif yaitu pihak kepolisian memberikan sanksi hukuman kepada para pelaku tindak pidana sesuai dengan Pasal 303 dan/atau Pasal 303 bis KUHP.

Kata kunci : Kejahatan Perjudian, Kepolisian, Sabung Ayam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cockfight, Gambling Crime, Police
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 28 Jun 2024 00:11
Last Modified: 28 Jun 2024 00:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34373

Actions (login required)

View Item
View Item