ANALISIS INOVASI BPJS KETENAGAKERJAAN KOTA MAKASSAR (Studi Kasus Klaim Elektronik Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan) = Innovation Analysis of BPJS Employment Makassar City (Case Study of Electronic Claims for Old Age Security BPJS Employment)


Raya, Abdul Hafidz Soleh (2024) ANALISIS INOVASI BPJS KETENAGAKERJAAN KOTA MAKASSAR (Studi Kasus Klaim Elektronik Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan) = Innovation Analysis of BPJS Employment Makassar City (Case Study of Electronic Claims for Old Age Security BPJS Employment). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181516_skripsi_28-12-2023 cover1.png

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181516_skripsi_28-12-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181516_skripsi_28-12-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181516_skripsi_28-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Abdul Hafiz Soleh Raya (E011181516), Analisis Inovasi BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar(Studi Kasus Klaim Elektronik Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan). xi + 75 Halaman + 7 Gambar + 6 Tabel + 52 Pustaka + Lampiran, dibawah bimbingan Dr. Muhammad Yunus, MA dan Amril Hans, S.A.P.,M.P.A. BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang menyelenggarakan program jaminan sosial untuk tenaga kerja. Jaminan ini secara khusus untuk menanggulangi risiko yang terjadi dalam dunia pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan pekerja. Program yang diselenggarakan bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk menjaga dan mengatasi masalah sosial ekonomi yang timbul, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perlindungan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan sebatas memberikan penanggulangan terhadap risiko sosial yang terjadi berupa kecelakaan kerja, sakit, pensiun, dan risiko lain yang mengakibatkan berkurangnya kapasitas tenaga kerja dalam mencari penghasilan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan hasil dari penerapan Inovasi klaim elektronik Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Makassar dengan menggunakan teori dari Everett M Rogers (1995) yang dianggap mendekati untuk mengukur keberhasilan inovasi pelayanan diantaranya adalah Keunggulan relatif, Kesesuaian, Kerumitan, Kemungkinan Diujicobakan, dan Kemudahan diamati. Metodologi deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini mengambil data primer yaitu wawancara serta observasi langsung di lapangan. Sedangkan, untuk data sekunder diperoleh melalui organisasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Analisis Inovasi Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar Studi Kasus Klaim Eletronik Jaminan Hari Tua bisa dikatakan Berhasil walaupun pada awal pelaksanaan mendapatkan kendala karena harus menyesuaikan diri dengan inovasi terknologi yang diberikan.

Kata kunci : Inovasi, BPJS Ketenagakerjaan, Jaminan Hari Tua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Innovation, BPJS Ketenagakerjaan, Jaminan Hari Tua
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:29
Last Modified: 27 Jun 2024 02:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34356

Actions (login required)

View Item
View Item