Modifikasi Permukaan Titanium Implan Secara Kimiawi Dalam Meningkatkan Proses Osseointegrasi Pada Perawatan Implan = Chemical Modification Of The Surface Of Titanium Dental Implants To Improve The Osseointegration Process In Implant Treatment


Zafira, Ade Lola (2023) Modifikasi Permukaan Titanium Implan Secara Kimiawi Dalam Meningkatkan Proses Osseointegrasi Pada Perawatan Implan = Chemical Modification Of The Surface Of Titanium Dental Implants To Improve The Osseointegration Process In Implant Treatment. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011201094_skripsi_15-02-2024 cover1.png

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011201094_skripsi_15-02-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011201094_skripsi_15-02-2024 dp.pdf

Download (745kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011201094_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Menurut Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2018 indeks kehilangan gigi di Indonesia sebesar 19%. Dental implan merupakan salah satu perawatan dalam kasus kehilangan gigi. Peningkatan prevalensi pengguna implan gigi sebesar 14% pertahun. Bahan implan yang digunakan sangat beragam salah satu material yang sering digunakan adalah titanium. Material (TI) memiliki nilai biokompatibilitas yang tinggi namun perlu dilakukan modifikasi pada permukaan material ini untuk mempercepat osseointegrasi. Modifikasi permukaan secara kimia akan mengubah sifat kimia permukaan pembawa untuk dapat menghasilkan interaksi yang spesifik antara molekul permukaan sel, yang bukan hanya mempengaruhi sifat permukaan sel tapi juga menyebabkan perubahan dalam struktur internal dan fungsi sel. Tujuan: Penulisan kajian literature ini bertujuan untuk mengetahui berbagai metode kimia yang dapat digunakan dalam modifikasi permukaan titanium implan dalam meningkatkan proses osseointegrasi serta bagaimana pengaruh metode tersebut dalam mempercepat proses osseointegrasi dalam perawatan implan. Metode: Literature riview merupakan peninjauan kepustakaan kembali untuk mengetahui, membandingkan serta menghubungkan hasil penelitian yang telah ada yang berkaitan dengan rumusan masalah. Penelusuran dan penelitian dapat dilakukan melalui sumber buku, jurnal, review artikel dan terbitan-terbitan lain yang terkait dengan topik. Hasil: Berdasarkan kajian literature dan analisis jurnal yang telah dilakukan, modifikasi yang dapat dilakukan pada permukaan titanium dental implan paling baik dalam mempercepat proses osseointegrasi adalah dengan menggabungkan beberapa metode, yaitu penggabungan metode fisik, kimia dan biologi. Kesimpulan: Modifikasi yang dilakukan pada permukaan titanium dental implan dapat merubah morfologi dan sifat permukaan implan sehingga dapat merangsang pertumbuhan tulang di sekitar implan dan meningkatkan proses osseointegrasi.

Kata Kunci: modifikasi permukaan secara kimiawi, implan gigi titanium, osseointegrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: chemical surface modification, titanium dental implant, osseointegration.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > PPDGS - Prostodonsia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:58
Last Modified: 26 Jun 2024 06:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34353

Actions (login required)

View Item
View Item