Uji Daya Hambat Produk “Dharosdent” Desinfektan untuk Hasil Cetakan Rahang Berbahan Alami terhadap Bakteri Streptococcus mutans sebagai Pengendalian Kualitas Produk = Inhibitory Test of the "Dharosdent" Disinfectant Product for Dental Impression Made from Natural Materials against Streptococcus mutans Bacteria as Product Quality Control


Abda, Aqiilah (2023) Uji Daya Hambat Produk “Dharosdent” Desinfektan untuk Hasil Cetakan Rahang Berbahan Alami terhadap Bakteri Streptococcus mutans sebagai Pengendalian Kualitas Produk = Inhibitory Test of the "Dharosdent" Disinfectant Product for Dental Impression Made from Natural Materials against Streptococcus mutans Bacteria as Product Quality Control. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011201084_skripsi_15-02-2024 cover1.png

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011201084_skripsi_15-02-2024 1-2.pdf

Download (864kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011201084_skripsi_15-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011201084_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Proses pencetakan rahang berpotensi meneyebabkan infeksi silang antara pasien dengan dokter gigi dan tekniker gigi, oleh karena itu diperlukan desinfeksi pada hasil cetakan rahang. Desinfektan hasil cetakan rahang yang banyak digunakan saat ini berbahan dasar kimia dan diapllikasikan dengan teknik perendaman. Bahan kimia memiliki beberapa kekurangan seperti mempunyai bau yang kurang nyaman dan terasa panas jika terkena kulit, oleh karena itu mulai digunakan bahan alami sebagai bahan desinfektan. Dharosdent merupakan desinfektan hasil cetakan rahang berbahan dasar ekstrak bunga Rosella yang dikemas dalam botol semprot. Pada suatu produk diperlukan pengendalian kualitas atau mutu agar tetap dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas produk Dharosdent sebagai desinfektan hasil cetakan rahang pasca produksi selama beberapa bulan. Metode: Metode yang digunakan adalah eksperimental laboratoris dengan desain penelitian post-test only control group design. Uji daya hambat dilakukan menggunakan metode disc diffusion terhadap bakteri Streptococcus mutans. Pengujian dilakukan dengan sodium hipoklorit (kontrol positif), produk Dharosdent dan aquadest (kontrol negatif) dengan 9 kali pengulangan. Perhitungan daya hambat dilakukan dengan menggunakan jangka sorong lalu data dianalisa dengan Kruskal-wallis dan Post Hoc Test (Dunn) Hasil: Produk Dharosdent mampu menghambat pertumbuhan Sterptococcus mutans dengan rata-rata zona hambat sebesar 14,83 ± 1,08 mm yang termasuk dalam kategori kuat. Pada kontrol positif diameter zona hambat 14,16 ± 0,97 mm, kontrol negatif diameter zona hambat 0 mm. Tiga kelompok masing-masing menunjukkan perbedaan zona daya hambat yang bermakna (p<0,05) Kesimpulan: Produk desinfektan cetakan rahang Dharosdent efektif menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans pasca produksi selama beberapa bulan.

Keywords : Dharosdent, daya hambat, Streptococcus mutans, pengendalian kualitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dharosdent, inhibitory strength, Streptococcus mutans, quality control
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > PPDGS - Prostodonsia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:13
Last Modified: 26 Jun 2024 06:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34337

Actions (login required)

View Item
View Item