Evaluasi Program Pemeriksaan Berbasis Elektronik (Smart Auditing) Di Inspektorat Kota Makassar = Evaluation Of The Electronic-Based Inspection Program (Smart Auditing) At The Makassar City Inspectorate


Suryana, Putri Aulia Erpita (2024) Evaluasi Program Pemeriksaan Berbasis Elektronik (Smart Auditing) Di Inspektorat Kota Makassar = Evaluation Of The Electronic-Based Inspection Program (Smart Auditing) At The Makassar City Inspectorate. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011171002_skripsi_05-01-2024 cover1.png

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011171002_skripsi_05-01-2024 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011171002_skripsi_05-01-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011171002_skripsi_05-01-2024.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pemeriksaan Berbasis Elektronik (Smart Auditing) merupakan pengembangan model pengawasan internal oleh Inspektorat Daerah Kota Makassar yang bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan kinerja pertanggungjawaban pengelolaan kegiatan dan keuangan pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Makassar. Program ini menjadi implementasi dengan Konsep Smart City oleh Pemerintah Kota Makassar yang mengharuskan perangkat daerah menerapkan teknologi dan informasi untuk mengefisienkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya sehingga meningkatkan akuntabilitas dan transparansi serta upaya untuk mencegah berbagai penyimpangan (fraud) yang mungkin dapat terjadi dalam proses pelaksanaan kegiatan Organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana hasil evaluasi pelaksanaan program berbasis elektronik (Smart Auditing) di Inspektorat Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap informan yang terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori dari konsep E-Auditing untuk melihat tingkat keberhasilan sistem elektronik auditing dengan indikator: (1)keberhasilan sasaran, (2)kepuasan terhadap program dan (3)tingkat input dan output. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pelaksanaan program pemeriksaan berbasis elektronik atau dikenal dengan Smart Auditing di Inspektorat Kota Makassar telah terlaksana dengan baik dan berhasil mencapai tujuan. Namun, masih perlu adanya peningkatan pada bidang sarana dan prasarana untuk menunjang tercapainya tujuan, peningkatan pemahaman dibidang Teknologi dan Informasi untuk para pelaksana dan komitmen serta disiplin dari Organisasi Perangkat Daerah kedepannya.

Kata Kunci : Evaluasi Program, Program Pemeriksaan Berbasis Elektronik, Smart Auditing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Evaluation, The Electronic-Based Inspection Program, Smart Auditing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 26 Jun 2024 00:55
Last Modified: 26 Jun 2024 00:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34317

Actions (login required)

View Item
View Item