Pemanfaatan Ayam Kampung dan Karakteristiknya di Desa Bulucenrana Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang = Use of Village Chickens and Their Characteristics in Bulucenrana Village, Pitu Riawa District, Sidenreng Rappang Regency.


Ummulkhair, Andi (2024) Pemanfaatan Ayam Kampung dan Karakteristiknya di Desa Bulucenrana Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang = Use of Village Chickens and Their Characteristics in Bulucenrana Village, Pitu Riawa District, Sidenreng Rappang Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011191117_skripsi_12-02-2024 cover1.png

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011191117_skripsi_12-02-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011191117_skripsi_12-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011191117_skripsi_12-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2026.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam lokal yang telah memasyarakat dan tersebar di seluruh pelosok nusantara. Ayam kampung banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. beberaapa pemanfaatan ayam kampung yang dipercaya oleh masyarakat yaitu digunakan pada acara adat, religi (akikah, mauled), untuk dikonsumsi (daging dan telur) serta untuk dijual. masing-masing dari pemanfaatan yam kampung tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, seperti pada warna bulu, umur dan jenis kelamin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemanfaatan ayam kampung dan karakteristiknya di Desa Bulucenrana Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2023 di Desa Bulucenrana, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif.. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, Focus Group Discussion (FGD), depth interview dengan menggunakan bantuan kuisioner dan studi kepustakaan. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif, kuantitatif dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu masyarakat di Desa Bulucenrana memanfaatkan ayam kampung pada 4 kegiatan yaitu untuk acara adat, keagamaan, konsumsi dan niaga. Untuk acara adat ada beberapa yang rutin dilakukan masyarakat yaitu menre ale’na puatta dengan karakteristik warna bulu berwarna hitam dengan sedikit campuran merah untuk ayam jantan dan berwarna putih kecokelatan untuk ayam betina dan warna kaki agak kekuningan, maccera’ ase semua ayam kampung bisa digunakan kecuali ayam yang berbulu warna putih dengan umur 5-6 bulan dan mapammula ase induk ayam betina berwarna cokelat corak hitam. Untuk acara keagamaan seperti pada acara akikah menggunakan anak ayam kampung jantan yang berumur 3 minggu sedangkan untuk maulid tidak ada spesifik tertentu. Konsumsi dan niaga tidak memiliki spesifikasi pada warna bulu, umur daan jenis kelamin.

Kata Kunci: Ayam Kampung, Karakteristik, Pemanfaatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Free-range Chicken, Characteristics, Utilization
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:39
Last Modified: 25 Jun 2024 02:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34282

Actions (login required)

View Item
View Item