ESTIMASI PRAMETER KECEPATAN DAN ARAH ANGIN UNTUK APLIKASI TURBIN ANGIN DENGAN METODE SARIMA = Estimation of Wind Speed and Direction Parameters for Wind Turbine Applications Using the SARIMA Method


Agusman, Agusman (2024) ESTIMASI PRAMETER KECEPATAN DAN ARAH ANGIN UNTUK APLIKASI TURBIN ANGIN DENGAN METODE SARIMA = Estimation of Wind Speed and Direction Parameters for Wind Turbine Applications Using the SARIMA Method. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D041171316_skripsi_08-09-2022 cover1.jpg

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D041171316_skripsi_08-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D041171316_skripsi_08-09-2022 dapus.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D041171316_skripsi_08-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Peramalan adalah salah satu metode statistik yang berperan penting dalam pengambilan keputusan. Pada penelitian ini dilakukan peramalan variabel arah dan kecepatan angin untuk aplikasi turbin angin. Metode yang digunakan adalah salah satu metode time series yakni SARIMA (Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average) yang merupakan suatu metode yang menggunakan nilai masa lalu dan sekarang dari variabel dependen untuk menghasilkan peramalan jangka pendek yang akurat. Pada Metode ARIMA non-seasonal ditemui suatu kendala, dimana hasil ramalan cenderung flat dan mengabaikan kompenen musiman dari data time series. Dengan metode SARIMA dilakukan peramalan terhadap 5 rentang data histori yang berbeda untuk melihat berapa Panjang data histori yang paling optimal dan ditemukan bahwa metode SARIMA kurang akurat dalam meramalkan kecepatan dan arah angin dengan data histori yang panjang. Dan yang terjadi malah semakin sedikit data histori yang digunakan maka akan semakin akurat hasil peramalan pada metode SARIMA ini. Metode ini hanya dapat mengakomodasi satu pola musiman sedangkan jika terlalu banyak data histori, maka akan tebentuk banyak pola. Hal ini menyebabkan sulitnya menentukan pola yang mana yang paling berpengaruh dan mungkin akan mengabaikan pola lain yang sebenarnya juga berpengaruh terhadap hasil peramalan. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan pengelompokan data sehingga hasil ramalan lebih akurat dengan MAPE yang lebih kecil. Pada penelitian ini juga dilakukan uji coba pengaplikasian metode SARIMA pada PLTB Jeneponto dan PLTB Sidrap. Akurasi Metode SARIMA Sangat Bergantung dengan Panjang Data, variasi data dan ramalannya belum dapat dikatakan yang terbaik.

Kata Kunci : Peramalan, SARIMA, Turbin Angin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Forecasting, SARIMA, Wind Turbine
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:25
Last Modified: 25 Jun 2024 02:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34277

Actions (login required)

View Item
View Item