ANALISIS ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KINERJA PEMASARAN UKM SUTERA MANDAR DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR = Market Orientation Analysis and Innovation on Marketing Performance UKM Sutera Mandar in Polewali Mandar


Kurniawan, Rizki (2024) ANALISIS ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KINERJA PEMASARAN UKM SUTERA MANDAR DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR = Market Orientation Analysis and Innovation on Marketing Performance UKM Sutera Mandar in Polewali Mandar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A021171528_skripsi_06-03-2024 cover1.png

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A021171528_skripsi_06-03-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A021171528_skripsi_06-03-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A021171528_skripsi_06-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Rizki Kurniawan. Analisis Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Kinerja Pemasaran UKM Sutera Mandar Di Kabupaten Polewali Mandar (Dibimbing oleh H. Syamsu Alam dan Mursalim Nohong). Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran; (2) menganalisis pengaruh inovasi terhadap kinerja pemasaran; (3) menganalisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi terhadap kinerja pemasaran.Penelitian ini menggunakan data primer melalui sampel sebanyak 97 jumlah UKM sutera mandar dari seluruh jumlah UKM sutera mandar sebanyak 3,793 dengan minimal telah beroperasi selam 5 tahun, penelitian dilakukan bulan Oktober s.d Desember 2023. Data dianalisis dengan menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) orientasi pasar yang terdiri dari Orientasi pesaing, orientasi pelanggan dan Koordinasi Interfungsional mempunyai pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran: (2) Inovasi yang terdiri dari Kultur Produk, Inovasi Teknis dan Inovasi Produk mempunyai pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran: (3) orientasi pasar dan inovasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.Hal ini berarti bahwa perilaku kerja berarti bahwa orientasi pasar seperti orientasi pesaing, orientasi pelanggan serta kordinasi antarfungsional yang berhubungan dengan kultur produk, inovasi teknis dan inovasi produk dapat mendorong peningkatan kinerja karyawan yang diukur dengan pertumbuhan penjualan, pertumbuhan pelanggan serta kemampuan menghasilkan laba dapat mencapai target.

Kata Kunci : Usaha Kecil dan Menengah, Orientasi Pasar, Inovasi, Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Small and Medium Enterprises, Market Orientation, Innovation, Marketing Performance
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:19
Last Modified: 13 Jun 2024 01:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34149

Actions (login required)

View Item
View Item