PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PERILAKU MENABUNG NASABAH PEKERJA MILLENIAL DI KOTA MAKASSAR MELALUI FINANCIAL TECHNOLOGY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING = THE EFFECT OF FINANCIAL LITERACY AND PRODUCT KNOWLEDGE ON SAVING BEHAVIOR OF MILLENNIAL WORKER CUSTOMERS IN MAKASSAR CITY THROUGH FINANCIAL TECHNOLOGY AS AN INTERVENING VARIABLE


Irdawati, Irdawati (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PERILAKU MENABUNG NASABAH PEKERJA MILLENIAL DI KOTA MAKASSAR MELALUI FINANCIAL TECHNOLOGY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING = THE EFFECT OF FINANCIAL LITERACY AND PRODUCT KNOWLEDGE ON SAVING BEHAVIOR OF MILLENNIAL WORKER CUSTOMERS IN MAKASSAR CITY THROUGH FINANCIAL TECHNOLOGY AS AN INTERVENING VARIABLE. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A013191023_disertasi_23-02-2024 cover1.png

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A013191023_disertasi_23-02-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A013191023_disertasi_23-02-2024 dp.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A013191023_disertasi_23-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Perilaku menabung memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Kemampuan masyarakat dalam menabung sangat memengaruhi kecepatan perturnbuhan ekonomi suatu negara. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh literasi keuangan dan pengetahuan produk terhadap perilaku menabung nasabah pekerja milenial di Kota Makassar melalui financial technology sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pola penelitian eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah nasabah pekerja milenial sektor swasta di Kota Makassar dengan jumlah sampel sebanyak empat ratus yang diambil dengan menggunakan metode sampel acak sederhana. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan structural equation model (SEM), AMOS, dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial technology nasabah pekerja milennial; pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial technology nasabah pekerja milenial; financial technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung nasabah pekerja milenial; literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung nasabah pekerja milenial; pengetahuan produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap perilaku menabung nasabah pekerja milenial. Hasil pengujian pengaruh tidak lansung melalui uji Sobel menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung nasabah pekerja milenial melalui financial technology dan pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung nasabah pekerja milenial melalui financial technology.

Keywords : literasi keuangan, perilaku menabung, pengetahuan produk, financial technology

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: financial literacy, product knowledge, financial technology, saving behavior.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:08
Last Modified: 19 Jun 2024 01:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34124

Actions (login required)

View Item
View Item