Aplikasi Stochastic Frontier dalam Menganalisis Pengaruh Alokasi Penggunaan Input Terhadap Produksi dan Inefisiensi Usahatani Kopi Arabika. = Application of Stochastic Frontier in Analyzing the Effect of Allocation of Input Use on Production and Inefficiency of Arabica Coffee Farming.


Panggeso, Friscilia Intan (2024) Aplikasi Stochastic Frontier dalam Menganalisis Pengaruh Alokasi Penggunaan Input Terhadap Produksi dan Inefisiensi Usahatani Kopi Arabika. = Application of Stochastic Frontier in Analyzing the Effect of Allocation of Input Use on Production and Inefficiency of Arabica Coffee Farming. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
G021201161_skripsi_01-02-2024 cover1.png

Download (188kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021201161_skripsi_01-02-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021201161_skripsi_01-02-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021201161_skripsi_01-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Permasalahan rendahnya produksi kopi arabika di Kecamatan Bittuang Kabupaten Tana Toraja diduga akibat penggunaan alokasi input produksi yang belum optimal. Efisiensi usahatani kopi arabika dapat ditingkatkan dengan menggunakan sarana input produksi dan pengalokasian tenaga kerja secara optimal. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan manajerial petani pada produksi kopi sehingga akan berpengaruh pada tingkat efisiensi usahatani kopi arabika. Tujuan menganalisis pengaruh penggunaan faktor-faktor produksi terhadap produksi kopi arabika dan menganalis efisiensi dan inefisiensi produksi usahatani kopi arabika. Metode menggunakan Stochastic Frontier Model, Analisis Efisiensi Teknis, Alokatif, dan Ekonomi serta Model Inefisiensi Produksi Kopi Arabika. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahwa sebanyak tiga variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi kopi arabika, yaitu yaitu Variabel Tenaga Kerja Pemupukan, Tenaga Kerja Pemangkasan, dan Pupuk Organik. Secara teknis usahatani kopi arabika telah efisien sebesar 79% sehingga tinggal 21% peluang dalam meningkatkan efisiensinya. Nilai efisiensi ekonomi usahatani kopi arabika yaitu 180,65. Selain itu, juga ditemukan tiga variabel yang signifikan berpengaruh terhadap efisiensi produksi kopi arabika yaitu Variabel Jumlah Anggota Keluarga, Pengalaman Usahatani, dan Dummy Jenis Pekerjaan. Kesimpulan Penelitian ini, selain telah berkontribusi pada rekomendasi kebijakan jangka pendek pada upaya peningkatan produksi tanaman kopi arabika, juga memberikan konstribusi nyata pada existing knowledge. Hasil penelitian ini memperkuat hasil-hasil penelitian sebelumnya tentang input faktor yang berpengaruh nyata terhadap produksi kopi arabika. Begitupula dengan hasil penelitian diketahui faktor mana dari karakteristik petani dan usahatani kopi arabika yang mempengaruhi inefisiensi pengelolaan usahatani kopi arabika secara signifikan.

Keywords : Faktor-faktor Input, Produksi Kopi Arabika, Stochastic Frontier Model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Input Factors, Arabica Coffee Production, Stochastic Frontier Model.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:28
Last Modified: 13 Jun 2024 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34121

Actions (login required)

View Item
View Item