APLIKASI STRUCTURAL EQUATION MODELING DALAM MENGANALISIS KESEJAHTERAAN PETANI JAGUNG DI KABUPATEN BANTAENG = APPLICATION OF STRUCTURAL EQUATION MODELING IN ANALYZING THE WELFARE OF MAIZE FARMERS IN BANTAENG REGENCY


Taufiq, Gilang Nurjihad (2024) APLIKASI STRUCTURAL EQUATION MODELING DALAM MENGANALISIS KESEJAHTERAAN PETANI JAGUNG DI KABUPATEN BANTAENG = APPLICATION OF STRUCTURAL EQUATION MODELING IN ANALYZING THE WELFARE OF MAIZE FARMERS IN BANTAENG REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191165_skripsi_01-02-2024 cover1.png

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191165_skripsi_01-02-2024 1-2.pdf

Download (969kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191165_skripsi_01-02-2024 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191165_skripsi_01-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2026.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Jagung merupakan komoditas pangan strategis yang perlu dikembangkan. Namun fluktuasi produktivitas jagung sering terjadi di beberapa tahun terakhir. Hal ini akan berdampak buruk terutama terhadap kondisi kesejahteraan petani jagung sebagai praktisi utamanya. Berdasarkan kondisi di lapangan, ternyata masih banyak faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap kesejahteraan petani jagung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor produksi, karakteristik petani, aksesibilitas kelembagaan pertanian, aktivitas usahatani dan aktivitas non-pertanian, terhadap kesejahteraan petani jagung Kabupaten Bantaeng. Sulawesi Selatan, Indonesia. Analsis data kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi kesejahteraan petani jagung secara langsung, terdiri dari faktor produksi, karakteristik petani, aksesibilitas kelembagaan pertanian, aktivitas pertanian, dan aktivitas non pertanian. Adapun faktor produksi berpengaruh negatif secara langsung terhadap kesejahteraan petani jagung (2) faktor yang secara signifikan mempengaruhi kesejahteraan petani jagung secara tidak langsung melalui aktivitas pertanian sebagai variabel intervening, yakni faktor produksi (3) Faktor yang secara tidak signifikan mempengaruhi kesejahteraan petani jagung secara tidak langsung melalui aktivitas pertanian sebagai variabel intervening, terdiri dari karakteristik petani dan aksesibilitas kelembagaan pertanian (4) Faktor-faktor yang secara tidak signifikan mempengaruhi kesejahteraan petani secara tidak langsung melalui aktivitas non pertanian sebagai variabel intervening, terdiri dari karakteristik petani dan aktivitas pertanian.

Keywords : Kesejahteraan Petani; Usahatani Jagung; Analisis Structural Equation Modeling; Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Farmer Welfare; Maize Farming; Structural Equation Modeling Analysis; Indonesia.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:17
Last Modified: 13 Jun 2024 01:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34114

Actions (login required)

View Item
View Item