Pengaruh Aplikasi Biochar Sekam Padi dan Pemupukan Nitrogen terhadap Pertumbuhan Tanamaan Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt) = The Effects of Rice Husk Biochar Application and nitrogen Fertilizer on The Growth of Sweet Corn (Zea mays saccharate Sturt) Plants


Rizkurniawati, Annur Az Zahra (2024) Pengaruh Aplikasi Biochar Sekam Padi dan Pemupukan Nitrogen terhadap Pertumbuhan Tanamaan Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt) = The Effects of Rice Husk Biochar Application and nitrogen Fertilizer on The Growth of Sweet Corn (Zea mays saccharate Sturt) Plants. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
G011191307_skripsi_01-02-2024 cover1.png

Download (161kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011191307_skripsi_01-02-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011191307_skripsi_01-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011191307_skripsi_01-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 May 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Saat ini permintaan pasar terhadap jagung manis terus meningkat namun tidak diimbangi dengan ketersediaannya sehingga mengakibatkan permintaan pasar tidak terpenuhi, salah satu penyebabnya karena rendahnya bahan organik pada tanah. Unsur hara nitrogen adalah unsur hara yang esensial karena dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang banyak. Namun, karena sifatnya yang mudah tercuci maka diperlukan bahan pembenah tanah untuk meningkatkan daya menahan air dan kation-kation tanah seperti biochar. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh biochar sekam padi dan pemupukan nitrogen (urea) terhadap pertumbuhan tanaman jagung manis. Metode. Penelitian ini menggunakan RAK faktorial 2 faktor. Faktor pertama adalah biochar dan faktor kedua adalah dosis pupuk nitrogen (urea). Terdapat 12 kombinasi perlakuan. Parameter yang diamati adalah tekstur tanah, pH, C-Organik, N, berat segar dan kering tanaman, jumlah daun dan tinggi tanaman. Hasil. Hasil menunjukkan baha kombinasi perlakuan berpengaruh sangat nyata pada tinggi tanaman 7 minggu setelah tanam, berat segar dan kering tanaman dan nitrogen dalam jaringan tanaman. Perlakuan tunggal biochar dan pupuk nitrogen berpengaruh sangat nyata pada berat segar, berat kering tanaman dan kandungan N jaringan tanaman. Hasil tertinggi diperoleh pada kombinasi perlakuan dosis biochar dan pupuk nitrogen yaitu biochar 50 g/polybag + pupuk nitrogen 0,75 g/polybag (B2N3) pada parameter rata-rata tinggi tanaman, berat segar dan kering tanaman dan kandungan N jaringan tanaman. Pemberian biochar juga menurunkan pH tanah, meningkatkan N-total dan C-organik tanah. Kesimpulan. Perlakuan tunggal biochar sekam padi, pupuk nitrogen (urea) dan kombinasi perlakuan biochar sekam padi dan pupuk nitrogen memberikan pengaruh sangat nyata terhadap berat segar, berat kering tanaman dan kadar nitrogen dalam jaringan tanaman.

Keywords : Biochar, jagung manis, nitrogen, sekam padi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biochar, rice husk, nitrogen, sweet corn
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2024 00:58
Last Modified: 13 Jun 2024 00:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34089

Actions (login required)

View Item
View Item