Analisis Sistem Antrian pada Loket Bantuan Layanan Online Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar = Analysis of the Queuing System at the Online Service Assistance Counter for the Population and Civil Registry Service of Makassar City


Aprilia, Lydia (2023) Analisis Sistem Antrian pada Loket Bantuan Layanan Online Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar = Analysis of the Queuing System at the Online Service Assistance Counter for the Population and Civil Registry Service of Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A021191025_skripsi_20-02-2024 Cover1.jpg

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A021191025_skripsi_20-02-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A021191025_skripsi_20-02-2024 Dapus.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
A021191025_skripsi_20-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Sistem antrian merupakan salah satu aspek yang berpengaruh terhadap kualitas layanan publik Indonesia yang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model sistem antrian yang paling optimal untuk diterapkan pada loket bantuan layanan online Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar dengan mengaplikasikan teori antrian. Guna menganalisis sistem antrian pada kantor tersebut, peneliti menggunakan metode Multiple Channel Query System dan Multiple Channel Query System: Finite System Size. Proses perhitungan data dilakukan secara manual dan menggunakan bantuan perangkat lunak POM-QM For Windows dengan modul Waiting Lines. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa model sistem antrian yang ada saat ini dengan jumlah 10 (sepuluh) stasiun pelayanan masih belum optimal karena waktu tunggu yang terlalu lama terutama pada jam sibuk. Oleh karena itu, diperlukan tambahan 2 (dua) loket agar sistem antrian menjadi optimal di mana waktu tunggu dalam sistem (Ws) adalah 20,77 menit dan tingkat utilisasi (ρ) sebesar 79%.

Kata Kunci : Sistem Antrian, Layanan Publik, Model M/M/S

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Antrian, Layanan Publik, Model M/M/S
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 19 Jun 2024 00:35
Last Modified: 19 Jun 2024 00:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34075

Actions (login required)

View Item
View Item